PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDEFERENSIASI (Literature Review)
Abstract
Pembelajaran berdeferensiasi merupakan salah satu elemen yang memiliki peran sangat penting dalam menerapkan kurikulum merdeka. Pembelajaran berdeferensiasi mengunakan pendekatan pengajaran yang disesuaikan dengan perbedaan individual di antara siswa. Hadirnya pembelajaran berdeferensiasi ini maka dibutuhkanya media pembelajaran berdeferensiasi. Tujuan dari literature review artikel ini untuk menganalisis pengembangan bahan ajar berdiferensiasi di tingkat SMP dan SMA. Sumber data diambil dari artikel penelitian terdahulu. Artikel yang digunakan dalam literatur review diperoleh melalui Google Scholar dan Scopus . Data dalam penelitian ini disajikan melalui hasil pencarian beberapa artikel terkait yaitu mengenai topik pengembangan bahan ajar berdiferensiasi untuk tingkatan tingkat SMP dan SMA. Penelusuruan artikel atau literatur yang relevan dengan menggunakan kata kunci “Bahan ajar, Pembelajaran Diferensiasi”. Artikel yang dijadikan data memiliki kriteria yaitu artikel yang dipublikasikan dalam periode waktu 5 tahun terakhir, yaitu tahun 2019 sampai dengan tahun 2023. Artikel yang di jadikan sebagai acuan pada penelitian ini menggunakan 7 artikel. Hasil penelitian menunjukan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi yang di review semuanya valid dan layak untuk diterapkan. pengembangan bahan ajar berdiferensiasi menunjukkan bahwa saat ini terdapat keterbatasan dalam jumlah artikel yang tersedia, khususnya di jenjang SMA dengan hanya dua artikel, dan tingkat SMP dengan hanya lima artikel. Fokus pengembangan masih terpusat pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika untuk SMP, serta Matematika dan Bahasa Indonesia untuk SMA, sehingga representativitasnya masih perlu diperluas ke mata pelajaran lain
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andryani, Y. D., & Kurniawati, N. (2023). Pengembangan modul pembelajaran matematika numerasi berbasis diferensiasi prisma dan limas. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 434-445.
Aini, K., & Fahmy, A. (2020). Konstruksi Lingkungan Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2
Widiastut, Y, Rifki M, Arief, Nur Fajar (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDIFERENSIASI PADA MATERI MENULIS ARTIKEL OPINI UNTUK SISWA SMA. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 19(1), 17-28.
Asrizal, a., festiyed, f., & sumarmin, r. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran siswa smp kelas viii. Jurnal eksakta pendidikan (jep), 1(1), 1-8
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4 (2), 112–120.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.
Demir, S. (2021). The Impact of Differentiated Instructional Media on the Motivation and Opinions of Students towards Science Learning in Terms of Learning Styles. Shanlax International Journal of Education, 9(3), 16–25. https://doi.org/10.34293/education.v9i3.3723
Johar, R. (2020). The Development of Trigonometry E-Modules For Senior High School Using Differentiated Instruction (DI) Approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1462, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.
Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdifeerensiasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164.
Rahmawati, S., Istyadji, M., & Irhasyuarna, Y. (2023). Development of Science Learning Modules on the Topic of Biotechnology for Differentiate Learning Independent Learning Curriculum for Students in Junior High School. J Adv Educ Philos, 7(6), 215-219.
Sumalinda, L., Fadillah, S., & Abdillah, A. (2023). Pengembangan Pocket Book Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Materi Pola Bilangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1914-1926. Tanesib, Y. G., Astiti, K. A., & Hali, A. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected pada Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 122-128.
Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Di Sma Kota Batam. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 203–207.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.