ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PROYEK

Nur Mustaqimah, Nurul Fajryani Usman

Abstract


Berpikir kreatif adalah suatu proses, bukan sekadar hasil, yang bertujuan untuk menciptakan ide-ide baru. Salah satu tugas proyek yang membutuhkan keterampilan berpikir kreatif yaitu mengembangkan media pembelajaran Biologi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengembangkan media pembelajaran biologi berbasis proyek. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester V, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 23 orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil evaluasi pengembangan media pembelajaran yang dilakukan dengan menilai desain media pembelajaran yang dibuat, dengan mempertimbangkan indikator kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam pengembangan media pembelajaran dapat dikategorikan sebagai model kreatif modifikatif, di mana mereka mengubah bentuk suatu produk agar lebih cocok dengan kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam pengembangan media pembelajaran biologi, mahasiswa memfokuskan pada identifikasi permasalahan yang muncul selama analisis kebutuhan peserta didik sebagai dasar untuk pembuatan media pembelajaran yang lebih sesuai.


Keywords


Analisis, Keterampilan, Kreatif, Media, Proyek

Full Text:

PDF

References


Armandita, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi Analysis the Creative Thinking Skill of Physics Learning in Class Xi Mia 3 Sman 11 Jambi City. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60.

Fisher, R. (1995). Teaching Children to Think. Stanley Thornes Ltd.

Izzati, N. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.7

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134

Nasution, M. F., & Anas, N. (2022). The Effect of Mentimeter Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Biology Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 293–301. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2791

Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342

Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853

Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1), 61–80. https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2789

Sofyan, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.168

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089

Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Parigi. Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43.

Wattimena, H. S., Suhandi, A., & Setiawan, A. (2014). Profil Penyelenggaraan Praktikum Fisika Sekolah Sebagai Penyiapan Mengembangkan Kreativitas Calon Guru. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(2), 71–80. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v15i2.pp71-80

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. T BumiAksara.

Widiawati, L., Soetarno, ;, & Sudiyanto, J. ; (2018). Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem Based Learning in the 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96–105. http://ijmmu.com

Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.

Yohanes Bare, Paula Yunita Seku Bare Ra’o, & Sukarman Hadi Jaya Putra. (2021). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 158–167. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.508

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Makalah Seminar Nasional Sains Dengan Tema Pascasarjana Unesa, Vol. 16.(January 2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.