STUDI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN KOMPOR SURYA TIPE BOX BERBASIS ENERGI MATAHARI DI KABUPATEN BONE BOLANGO: KINERJA DAN POTENSI PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN

Haerul Ahmadi, I Made Hermanto, Lukman Samatowa, Irsan Rahman, Dea Ananda Doholio, Sitria Jau

Abstract


Matahari adalah salah satu sumber energi utama yang memancarkan energi panasnya ke bumi dan sebagian besar digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam bentuk penyerapan panas. Kompor surya adalah peralatan memasak yang menggunakan energi panas matahari sebagai sumber energi melalui kolektor. Salah satu alat memasak yang menggunakan energi alternatif terbarukan sinar matahari adalah kompor tenaga surya. Pemanas surya menggunakan bahan bakar yang dipanaskan oleh matahari, yang dikumpulkan oleh reflektor dan dimasukkan langsung ke dalam panci masak. Pemanas surya menggunakan bahan bakar yang dipanaskan oleh matahari, yang dikumpulkan oleh reflektor dan dimasukkan langsung ke dalam panci masak. Terdapat sekat di bagian bawah panci yang menahan panas di dalam agar tidak cepat keluar. Kompor tenaga surya yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe kotak. Kecepatan memasak kompor tenaga surya dapat dipengaruhi oleh waktu, cuaca, kecepatan angin (semakin kencang angin bertiup, semakin lambat proses memasak), ketebalan panci atau alat masak yang digunakan, jumlah makanan, jenis dan ukuran makanan, dan jumlah air yang digunakan untuk memasaknya


Keywords


Energi; Isolator; Intensitas Cahaya Matahari; Kompor surya; Radiasi; Suhu.

Full Text:

PDF

References


Fitri Wijayanti & H. Ahsan. 2012. Uji Kinerja Kompor Surya dengan Variasi Bentuk Geometri dan Luas Kolektor. Seminar Nasional Teknik Mesin. 48-54.

Gunawan, S., Rina, W., & Lubis, A. B. (2019). Analisis Perbandingan Pengujian Eksperimental dan Simulasi Kompor Surya Tipe Kotak Untukmemasak Nasi dengan Erythritol sebagai Pcm. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin" MEKANIK", 5(2).

Muin, Abdul. 2017. Peningkatan Kinerja Kompor Surya Tipe Kotak dengan Penambahan Cermin Reflektor. Jurnal Austrnit. 9(2) 9-14.

Napitupulu, R., Manurung, C., Naibaho, W., & Sihombing, S. (2022). Pengaruh Material Reflektor Terhadap Kinerja Kompor Energi Surya. SPROCKET JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING, 3(2), 94-105.

Siswoyo, N. A. S. (2022). Analisis Perbedaan Kinerja Kompor Surya Type Box dan Type Modifikasi. Cermin: Jurnal Penelitian, 6(2), 481-486.

Terres, H., Lizardi, A., Chávez, S., López, R., & Vaca, M. (2017). Evaluation ofthe cooking power in three different solar cookers boxtype. Journal of Physics: Conference Series.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.