PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HOME VISIT BERBANTUAN BLENDED LEARNING MEDIA APLIKASI WHATSAPP PADA MATA PELAJARAN IPA SD DI ERA COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amal, B.K. (2019). Menggunakan Whatsapp Group (WAG). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol.3, hal 700 – 702 (http://digilib.unimed.ac.id/37292/1/06.-Bakhrul.pdf)
Benny A. pribadi (2010) Model desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat
Dewi,N.P. & Laelasari, I. (2020). Penerapan Pembelajaran IPA Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian, V(14; 2). (https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian)
Dwiyogo, D. W. (2013). Pembelajaran Berbasis Blended learning. Malang: Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers.
Eggen, Paul Don Kouchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Halle, Ricardina Fatima Natalia. 2019. Penerapan model Blended learning berbasis whatsapp untuk meningkatkan kemandirian belajar, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAK Kesuma. : PFIS - Pendidikan Fisika
Hartanto, Aat. 2010. Panduan Aplikasi Smartphone. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Ilhan, F., Ozfidan, B., & Yilmaz, S. 2019. Home visit effectiveness on students’ classroom behavior and academic achievement. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 61–80.
Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
., 2020. Surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan dalam masa darurat COVID-19.
Moestofa, Mochamad dan Meini Sondang S., (2013), Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMK Negeri 3 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1): 255-261.
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
M.Yusuf T. 20122. Mengenal blended learning. Lentera Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol 14. No 12. P-ISSN: 1979-3472, E-ISSN: 2580-5223
Retnaningsih, R. (2020). E-learning system sebuah solusi pragmatis program vokasional semasa pandemi COVID-19. Jurnal Taman Vokasi, 8(1), 21-26.
(http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7751)
Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Wisudawati & Sulistyowati (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
BSNP. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta : BSNP.
Yudha, Chrisnaji. 2019. Pengembangan Model Blended learning Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 10 No. 2
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. 2020. Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : 5(1), 177. (https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529)
Nirmala, B., & Annuar, H. 2021. Home Visit : Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi COVID-19. 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716)
Nurkholis. 2020. Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase ( COVID-19 ) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Vol 6(1), 39–49.ISSN: 2088-8295 E-ISSN: 2685-9742 (https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS)
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. 2020. Coronavirus pushes education online. In Nature Materials (Vol. 19, Issue 6, p. 687). Nature Publishing Group. (https://doi.org/10.1038/s41563- 020-0678-8)
Uno, Hamzah B, 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terinternalisasi Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Hibah Tim Pascasarjana (DP2M)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.