PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DUNGALIYO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada masa pandemi COVID-19 terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (2) mengetahui faktor-faktor penghambat dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn pada masa pandemi COVID-19 terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn pada masa pandemi COVID-19 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) Pembelajaran PKn tetap dilaksanakan dalam pembelajaran dan pengembangan nilai-nilai karakter dengan baik. (2) Faktor penghambat dalam pengembangan nilai-nilai karakter yaitu masih ada siswa yang kurang antusias dan kurang peduli dalam pembelajaran PKn; (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn pada masa pandemi COVID-19 yaitu guru menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PKn pada masa pandemi COVID-19 berjalan dengan cukup baik di mana guru selalu menggunakan masker pada masa pandemi COVID-19 ketika berada di lingkungan sekolah; (2) Faktor penghambat dalam pengembangan nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn pada masa pandemi COVID-19 seperti masih ada siswa sulit diarahkan; (3) Upaya yang dilakukan guru adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai karakter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, Esa N. W. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bahrir. 2012. Tesis. Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Keagamaan Siswa SMK Negeri 1 Galang. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin
Dinn Wahyudin. 2011. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Universitas Terbuka
Djaman S, Aan Komariah. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Eka Donna Fauzia. 2018. Tesis. Strategi Guru Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Kotamobagu. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo
Hamza B. Uno, Nina Lamatenggo. 2013. Landasan Pendidikan (Sebuah Pendidikan Komprehensif Landasan Pendidikan Berbasis Karakter di Indonesia. Gorontalo. Ideas Publishing
Ihat Hatimah, 2011. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta. Universitas Terbuka
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Suprihatiningrum Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Aruzz Media
Suyahman. 2020. Problematika dalam Pembelajaran PPKn pada Era COVID-19 Di SMA Negeri 3 Sukoharjo, PKn Progresif, Vol.15 No. 2 Desember 2020
Syaiful B.D, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.