IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM GERMAS DI ERA PANDEMI COVID-19

Amalia Arifah, Zuchri Abdussamad, Irawaty Igirisa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kebijakan program GERMAS di era pandemi COVID-19 di Kabupaten Gorontalo beserta faktor determinasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan data kualitatif berdasarkan konsep Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program GERMAS di era pandemi COVID-19 di Kabupaten Gorontalo, yang dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, telah dilaksanakan. Akan tetapi, pada proses sosialisasi sebagai salah satu tahap perencanaan masih terhambat oleh pandemi COVID-19, sehingga penyebaran informasi secara menyeluruh dan secara jelas belum dapat diperoleh secara optimal oleh kelompok sasaran. Sementara pada tahap pelaksanaan, masih banyak masyarakat yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pada tahap monitoring dan evaluasi masih kurang optimal sebab pelaporan yang disampaikan tidak didasarkan pada kondisi nyata di lapangan. Determinasi implementasi kebijakan program GERMAS di era pandemi COVID-19 di Kabupaten Gorontalo, dilihat dari komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi telah dilaksanakan, namun belum optimal karena pada aspek komunikasi yang belum merata dan struktur birokrasi yang tidak memiliki SOP maupun struktur organisasi Dinas Teknis untuk melaksanakan kebijakan program GERMAS.

Keywords


Pandemi COVID-19, Penelitian Kualitatif Deskriptif, Program GERMAS

Full Text:

PDF

References


Ahmad D. Marimba, 1994, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara.

Ali, Muhammad, 1982. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arifin, M 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S, 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet.III; Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Arikunto, S, 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2002., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Febriana, R, 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, H, 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Alfabeta, Bandung.

Hamalik, Oemar, 2008, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Latief, A, 2006. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Islam. Cet.I; Bandung: PT. Pustaka Bani Quraisy.

Majid, A, 2007. Perencanaan Pembelajaran ( Cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Majid, A, 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Manurung, L, 2019. “Sejarah Kurikulum di Indonesia,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Mulyasa, E. 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Nasution. 2012. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Naziroh, 2018. Kompetensi Pedagogi Guru PAI Dalam Meningkatkan Monat dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SDN 2 Kota Karang Bandar Lampung, Pendidikan Agama Islam. Bandar Lampung

Ngalimun, 2016. Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Olatunji, M.O, 2013. Ensuring and Promoting the Pedagogial Competence of University Lecturers in Africa. Journal of Educational and Instructional Studies in the World. Volume: 3 Issue: 3 Article: 12 ISSN: 2146-7463. August 2013.

Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, S, 2010 . Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Cet. I; Bandung: Alfabeta, .

Sarimaya, F, 2008, Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?, Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cet. XIX; Bandung: Alfabeta.

Surahmi, Y, D, 2022. Kompetensi Pedagogi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Terpada Pada Kurikulum 2013. Jawa Barat: Cakrawala Pendas

Tolkhah, I, 2004. Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Undang-undang RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005) Dilengkapi dengan Perpres RI No. 65 Th. 2007, No. 58 Th. 2006, Kepmendiknas No. 057 dan 056 Th. 2007, Permendiknas No. 42,32,18,16 Th. 2007, dan No. 7 Th. 2006. Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Uno, H.B, 2007. Perencanaan Pembelajaran. Cet. II; Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Usman, 2011. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, R, 2021. Prestasi Belajar Siswa: Kompetensi Pedagogi Guru dan Motivasi Belajar Siswa, Jombang: Jurnal Vol. 8

Wibowo, Agus dan Harmin, 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wina, S, 2011. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan.Cet. VIII; Jakarta: Kencana.

Winarno Surakhmad. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Yamin, Martis dan Maisah, 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.