PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN MODEL 4D PADA TEMA TRANSPORTASI UNTUK ANAK KELOMPOK B DI TK BENIH HARAPAN KOTA GORONTALO

Wirnaningsi Adoe, Sardi Salim, Lanto Ningrayati Amali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi menggunakan Model 4D pada tema transportasi untuk anak kelompok B di TK Benih Harapan Kota Gorontalo. Penelitian pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model penelitian dan pengembangan model 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu; definedesigndevelop, dan disseminate. Model pengembangan 4D dapat diadaptasi menjadi 4P, yaitu; pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan oleh validasi beberapa ahli meliputi ahli media memperoleh nilai rata-rata 82,5% dengan katagori sangat layak,validasi materi dengan rata-rata 85,83% dengan katagori sangat layak dan praktikalitas dengan rata-rata 82,80%. Dengankatagori sangat praktis. Respons peserta didik di TK Benih Harapan  pada uji coba kelompok besar memperoleh rata-rata skor 86,76% dengan kriteria sangat menarik, kemudian respons peserta didik di TK Benih Harapan pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 80,8% dengan katagori sangat menarik, sedangkan uji keefektifan pada peserta didik menggunakan video animasi pada tema kendaraan darat memperoleh rata-rata skor sebesar 0,78  dengan kategori sangat tinggi.

Keywords


Model 4D, Pengembangan Video Animasi, Transportasi Darat

Full Text:

PDF

References


Andriana Johari, d. 2014. Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar. Journal of Mechanical Engineering Education , 10

Ahmad Nor Soleh, dkk., 2018. The Effect Of Service Quality, Price And Trust To Customer Satisfaction Users Of Transportation Services Online Ojek (Study On Customers Of Gojek In Semarang City).

Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aminah, Siti .2019. Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan :Lampung

Ambarwati, T., Haryono., dan Sukardjo, JS., 2014, Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Media Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 , Jurnal Pendidikan Kimia.

Arif S. Sadiman, dkk. 2014. Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azis, R., & Asrul. 2014. Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: Deepublish.

Buchari, M.Z., Sentinuwo, S.R. dan Lantang, O.A., 2015. Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 6(1)

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Endang, Mulyatiningsih. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fuady Munir .2014. Konsep hukum perdata, Jakarta : PT Raya Grafinda.

H.Malik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.

Hake,R.R.1999.Analyzing Change/Gain Score.,(Online),

Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran,cet.2, Jakarta : Rineka Cipta

Indra, M. S. D., & Ramdhan, Z. 2018. Perancangan Storyboard Pada Animasi Panday Mengenai Informasi Perlindungan Ekosistem Alami Kawasan Cagar Alam Gunung Papandayan. E-Proceeding of Art and Design, 5(3), 2104– 2108.

Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jakarta: Prenade Media Group.

Purwanti, Budi. 2015. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure”. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (Volume 3, No 1 Tahun 2015, h.44).

Romadhona, Riswan. 2017. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Salut pada Sub tema Transportasi untuk Anak Kelompok B TK Marsudi Siwi Sawit. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Satrianawati, M. P. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama

Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran: Buku. Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.