PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 06 PAGUYAMAN PANTAI KABUPATEN BOALEMO
Abstract
Permasalahan ini disebabkan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, Sumber belajar yang terbatas sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita berbasis media pop-up book pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain penelitian ADDIE. Pengembangan model ADDIE sesuai dengan namanya melibatkan tahap-tahap pengembangan model dengan lima langkah yang meliputi: Analysis,Design, Development or Production, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan oleh ahli media sangat layak yaitu 93%, sedangkan nilai kevalidan dari ahli materi sangat valid yaitu 82,5%, hasil uji praktikalitas oleh guru sangat praktis yaitu 3,75% dan uji coba terbatas respons peserta didik 86,5%, uji coba respons peserta didik skala besar 88%. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up book yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup.
Full Text:
PDFReferences
Asyar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta :Raja Grafindo Persada
Bluemel & Taylor. 2012. Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC
Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarata: Rineka Cipta
Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?.Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online), (http:// library.its.undergraduate.ac.id). Diakses 15 Januari 2021
Faizah, U. 2009. “Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Cakrawala Pendidikan. 28(3): 249-256
Febrianto, M. Fatchul M. 2014. “Penerapan Media dalam Bentuk Pop-Up Book pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh.
Hake, R, R. 1999..Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodolrogy.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Haviz, M. 2013. Research And Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah Ta’dib Vol. 16 (1):28-43.
Hobri, 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila
Joko Muktiono. 2003. Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT. ElexMedia Komputindo.
Lukens, R. J. 2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. New York: Longman.
Mayzora, S. 2011. Pengembangan WEB Pembelajaran Kalkulus Diferensial Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIPUniversitas Bengkulu. Tesis Konsentrasi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP
Mc Elmeel, S.L 2002. Character education. Colorado: Green Wood Publishing Group, Inc
Mitchell, D. 2003. Children’s Literature an Imitation to the Word. Michigan State University.
Mulyasa. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran IPA. Jakarta : Ditjenmandikdasm
Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press
Nurgiyantoro, B. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press
_______. 2005. Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak).Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwato, 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarata : Pustaka Belajar
Rustaman, N.Y. 2003. Literasi Sains Anak Indonesia 2000 & 2003. [Online]. Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/SPS/ PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032-NURYANI_RUSTAMAN/ MAKALAH_LITSAINS_2003_sep,06.pdf.
Shamos, M.H. 1995. The Myth of Scientific Literacy. Rutgers University Press.
Sinambela, M. Bashoirul W. 2018. Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Realit. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan: Jurusan Teknologi Pendidikan-UM.
Sugiyono.2015. StatistikauntukPenelitian. Bandung :Alfabeta
_______. 2017. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta
Suparno, 2004.Kepedulian Lingkungan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Sumanto & Seken, I Made. 2012. Modul Pengembangan Materi Umum: Media Pembelajaran SD. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang
Soeryani, 2006. Lingkungan Hidup .Jakarta : Bumi Aksara
Tim Kreatif LKM UNJ. 2011. Restorasi Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ar-Ruzz Media
Toharudin, U, Hendrawati, S. & Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora: Bandung
Trianto I.B. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tuharudin,uus Sri Hendarwati. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Widoyo E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarata : Pustaka Belajar
Winaputra S. U. 1992. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : GP Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.