PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GADGET MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR I

Wahyu Mu’zizat Mohamad, Mursalin Mursalin, Abdul Haris Odja, Lukman Samatowa

Abstract


Development of Gadget-Based Learning Devices Using Google Classroom and PhET to Improve Student Learning Outcomes in Basic Physics I Lectures. This research is a development study at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo which aims to produce effective gadget-based learning devices using Google Classroom and PhET to improve student learning outcomes. This study uses a three-stage development model from 4D namely defining, designing, and developing. The learning tools that the researchers developed were RPS, SAP, Teaching Materials, LKM, and THB. Based on the results of the research, it can be concluded that the effectiveness of the learning tools developed reaches a gain value of 0.572 which is included in the moderate category so that these devices can be categorized as "effective".


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Al-Maroof, Rana A. S. dan Al-Emran, Mostafa. 2018. Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study Using PLS-SEM Approach. iJET, Vol. 13 No. 6, 2018, 112-123. Online. (https://www.researchgate.net/profile/Mostafa_Al-Emran/publication/325427097_Students_Acceptance_of_Google_Classroom_An_Exploratory_Study_using_PLS-SEM_Approach/links/5b11ba7da6fdcc4611dbe5bb/Students-Acceptance-of-Google-Classroom-An-Exploratory-Study-using-PLS-SEM-Approach.pdf, diakses pada 19 Desember 2019)

Andriyani, Fera. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Pandangan Islam tentang Behavioristik. Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam. Syaikhuna Edisi 10 Nomor 2, Maret 2015, 165-180. Online. (http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ syaikhuna/article/view/1034/767, diakses 13 Maret 2019)

Anggraeni, Aisyah dan Hendrizal. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn & Hukum. Vol. 13 No. 1, April 2018, 64-76. Online. (https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/5149/4827, diakses 17 Desember 2019)

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA

Husain, Fitri A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) pada Kelas X Semester Ganjil Sekolah Menengah Atas (SMA). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo

Kuswana, W. S. 2014. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Saregar, Antomi. 2016. Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Vol. 05 No. 1, April 2016, 53-60. Online. (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/download/105/95, diakses pada 16 Desember 2019)

Saripah, Iip. 2012. Teori Pembelajaran. Hal. 1-25. Online. (https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwjwz9DYm8LmAhXzmeYKHTJIDl8QFjAAegQIAxAC&url=http%3A%2F%2Ffile.upi.edu%2FDirektori%2FFIP%2FJUR._PEND._LUAR_SEKOLAH%2F197012101998022-IIP_SARIPAH%2FTEORI_pembelajaranx.pdf&usg=AOvVaw3iUNbF2lUZUqDncgGrnZ7Z, diakses 14 Maret 2019)

Sudarsana, I. K. 2018. Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah (Perspektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 1 No. 1, 31 Januari 2018, 8-15. Online. (http://ejournal.jayapanguspress.org/index.php/cetta/article/download/2/2, diakses 11 Maret 2019)

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, V. L. P. dan Siswanto, B. T. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 6 No. 1, Februari 2016, 111-120. Online. (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwi-sOz8osLmAhUQWX0KHaNLCvcQFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fjournal.uny.ac.id%2Findex.php%2F%2520jpv%2Farticle%2FviewFile%2F8118%2F6872&usg=AOvVaw0cQU6BOa68jxDM7S8tLxWH, diakses pada 14 Maret 2019)

Windayati. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Reciprocal Teaching (RT) Dipadu Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Digital Library UIN Sunan Ampel. Februari 2016, 11-54. Online. (http://digilib.uinsby.ac.id/5341/4/Bab%202.pdf, diakses 20 Desember 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.