PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS III SDN 11 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Sumira Kiilo

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik pada materi daur air di Kelas III SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi daur air melalui media audio visual di Kelas III SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 26 orang keseluruhan jumlah Peserta Didik, terdapat 18 orang Peserta Didik yang memperoleh nilai 75 ke atas atau sebanyak 68%. Angka hasil belajar Peserta Didik setelah diberikan perbaikan tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 25 orang dengan persentasenya 96%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual sangat membantu guru dalam menanamkan materi daur air pada pembelajaran IPA di Kelas III SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo khususnya peningkatan hasil belajar Peserta Didik.

Keywords


Hasil Belajar, Peserta Didik, Media Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. Belajar dan pembelajaran. http://www.anneahira.com akses tanggal 12 Januari 2019

Djamarah Bahri Syaiful Drs dan Zain Aswan Drs. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Fazri Zul EM. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Pubisher: Jakarta

Jensen Eric. 2010. Guru super dan Super Teaching. PT Indeks: Jakarta

Penyusun Tim. 2010. Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Gorontalo: Gorontalo.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta: Jakarta

Ramayulis. 2005. Fasilitator, Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pendidikan TK dan SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional

Roestiyah, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks: Jakarta

Siddiq Djauhar dkk. 2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sumarni, Dini.2012. Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Tentang Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi di Kelas III SDN Caringin Kabupaten Bandung Barat Semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. UPI. Repository.upi.edu

Uno B Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.