PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MELESTARIKAN ALAM DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SDN 1 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Sumira Kiilo

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi melestarikan alam di lingkungan sekitar siswa pada siswa Kelas III SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo akan meningkat? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar melalui pendekatan kontekstual dari siklus ke siklus. Pada siklus I dari 15 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 7 orang siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas atau sebanyak 46,67%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 15 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 14 orang siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas atau sebanyak 93,33%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu pembelajaran dikatakan tuntas jika sebanyak 70% dari jumlah siswa memperoleh nilai 70 ke atas. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan kontekstual sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA di Kelas III SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo khususnya peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi memelihara dan melestarikan lingkungan.


Keywords


Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Kontekstual, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Adriana. 2001.Berbagai tipe pendekatan kontekstual. http://www.google.co.id/#hl=id&q=pendekatan+kontekstual+tipe+komponen&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=5a5040c0182bd58d akses tanggal 26 Juli 2010. Akses tanggal 28 Maret 2017

Akhmadsudrajat . 2008. Hakikat belajar dan pembelajaran di kelas usia SD. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/hakikat-belajar/ akses tanggal 12 Januari 2017

Djamarah Bahri Syaiful dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Djamarah Bahri Syaiful. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.

Fajri Zul Em.2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Aneka Ilmu bekerja sama Difa Publisher.

Feldman, Robert S. 2003. theories 2_learntch. http://www.brookes.ac.uk/services/ocsd/2_learntch/theories.html akses tanggal 6 Februari 2017

Pidarta Made. 2009. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta: Bandung

Roestiyah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi II. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. PT. Pustaka Indonesia Press: Jakarta.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Indeks: Jakarta.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Siddiq Djauhar dkk. 2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Suprijono Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Uno B Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.