IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS VII-1 SMP NEGERI 4 GORONTALO

Erni H. Sipayung

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Shareterhadap keterampilan mengungkapkan monolog descriptive. (b) Ingin mengetahui seberapa meningkatnya keterampilan mengungkapkan monolog descriptive setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VII-1 SMP Negeri 4 Gorontalo. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa keterampilan mengungkapkan monolog descriptive Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (71,18%) dan siklus II (81,00%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya keterampilan mengungkapkan monolog descriptive Peserta Didik kelas VII-1 SMP Negeri 4 Gorontalo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Keywords


Pembelajaran Bahasa Inggris, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Agustien, Helena I.R. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Elliott, Stephen N. 1996. Educational Psychology: Effective teaching effective learning. Maison: Brown & Benchmark Publishers.

Indra Jati Sidi. 2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwadi Suhandini. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Lemlit UNNES.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif. (www.puskur_balitbang_depdiknas.com).upadate 28 Agustus 2007.

Supardi, Suharsimi Arikunto, Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yakarta: Bumi Aksara.

Tim MKDK IKIP Semarang. 1990. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ur, Penny. 2000. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Zainal Aqib. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.