IMPLEMENTASI TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT TEKS TANGGAPAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX C SMP NEGERI 11 GORONTALO

Yulmin Buhang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam Membaca Cepat Teks Tanggapan dengan menggunakan Teknik Skimming dan Scanning (b) Ingin mengetahui seberapa meningkatnya keterampilan Membaca Cepat Teks Tanggapan peserta didik setelah menggunakan Teknik Skimming dan ScanningPenelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX C SMP Negeri 11 Gorontalo. Data yang diperoleh berupa hasil unjuk kerja peserta didik, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa keterampilan Membaca Cepat Teks Tanggapan peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II .Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Teknik Skimming dan Scanning dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya keterampilan Membaca Cepat Teks Tanggapan peserta didik kelas IX C SMP Negeri 11 Gorontalo, serta Teknik Skimming dan Scanning ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


Pembelajaran Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca Cepat Teks Tanggapan, Teknik Skimming dan Scanning

Full Text:

PDF

References


Anderson, R.H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arends, Richard, 2008, Learning To Teach, (terjemahan), Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Brown, H.Douglas. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Pearson Education, Inc. Kedubes Amerika Serikat: Jakarta.

Depdiknas. 1999. Penelitian Tindakan; Action Research.Jakarta; Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat pendidikan Umum.

Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.Surabaya: Usaha Nasional.

Gagne, R.M., Briggs, L.J & Wager, W.W. 1988.Principles of Instruction Design, 3rd ed. New York: Saunders College Publishing.

Hamalik, O. 1994.Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Hastuti P.H., Sri. 1997. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Depdiknas: Jakarta

Joyce and Weil.2009. Models Of Teaching Model-Model Pengajaran (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka pelajar

Kasdi, S. Dan Muhammad Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Keraf, Gorys. 2004. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahfuddin, Azis. 2008. Konsep Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung: PPs UPI.

Moeliono, M. Anton dkk..1990.Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Oliva, Feter F. 1991. Depeloving The Curriculum Third Edition. United States: Harper Collins Publisher

Puskur. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia . Jakarta : Depdikbud.

Richards, J.K. & Willy A.R.2002.Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice.USA:Cambridge University Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada

Schrap, L.J. 1994.Teaching Writing: Balancing Process and Product. Canada: Macmillan College Publishing Company.

Slavin, R. E. 1995.Cooperative learning. Second edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sudjana, N. & Rivai, A. 1992.Media Pengajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Badung.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Udin S. Winaputra. 2001. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. Ke-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.