IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 KABILA

Yusuf Danial

Abstract


Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pembelajaran  konsep Perubahan dan Manfaat Energi bagi kelas IV SDN 1 Kabila? (b)  Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Kabila? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep Perubahan dan Manfaat Energi melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). (b) Ingin mengetahui seberapa meningkatnya pemahaman konsep Perubahan dan Manfaat Energi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SDN 1 Kabila. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II .Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD). dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya hasil belajar IPA bagi peserta didik kelas IV SDN 1 Kabila, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), Pembelajaran IPA, Materi Perubahan Dan Manfaat Energi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2001. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Muldjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zaini. 2006. Erlangga Strategi Belajarmengajar. Jakarata: Asdi Mahasatya.

Purwadarminta. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim MKDK.1990. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.