MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 12 KABILA

Alena H. Adam

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan kemampuan Peserta Didik dalam memahami konsep Gaya dan Gerak melalui metode demonstrasi  (b) Ingin mengetahui seberapa meningkatnya pemahaman konsep Gaya dan Gerak setelah diterapkannya metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas IV SDN 12 Kabila. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapatkan bahwa pemahaman konsep Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (5.21), siklus II (80,7) Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap meningkatnya hasil belajar IPA bagi Peserta Didik kelas IV SDN 12 Kabila, serta metode demonstrasi ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA.


Keywords


Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi , Konsep Gaya dan Gerak

Full Text:

PDF

References


Haryanto, 2004, Sains untuk SD Kelas IV, Erlangga, Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.

Sumardi, Yosep, dkk, 2008, Konsep Dasar IPA di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Rustaman, Nuryani, 2011, Materi dan Pembelajaran IPA SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Sapriyati. Amalia, 2008, Pembelajaran IPA di SD, Jakarta:Universitas Terbuka

Wardhani IGAK, dkk, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana.Nana, 2009, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algersindo.

Sudjana. Nana, 2003, Teknologi Pengajaran, Bandung :Sinar Baru Algersindo.

Hamalik. Oemar, 2010, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung :Sinar Baru Algersindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.