PENINGKATAN INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI PENGUATAN BUDAYA LITERASI TEKNOLOGI DI SDN 65 KOTA TIMUR

Sofya Mahmud, Abd. Kadim Masaong, Besse Marhawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan inovasi pembelajaran guru di SDN No. 65 Kota Timur melalui penguatan budaya literasi teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (school action research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif tindakan siklus. Subyek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 17 orang guru SDN 65 Kota Timur dengan karakteristik yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan subyek penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pola deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan dari observasi awal, yakni dari 41,2% menjadi 53%. Namun, nilai ini belum memenuhi standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga, penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, yakni dari 53% menjadi 94,1%. Hal ini menunjukkan bahwa penguatan budaya literasi teknologi dapat membantu meningkatkan inovasi pembelajaran guru di sekolah. Hal ini kemudian akan berdampak pada hasil belajar dan prestasi peserta didik.

Keywords


Budaya Literasi Teknologi, Inovasi Pembelajaran, Penguatan Literasi

Full Text:

PDF

References


Bawden. 2001. Information and Digital Literacies: A New Of Concepts. Journal of Documentation, 572(2)

Dyna Herlina S. Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. http://staff.uny.ac.id/sites/...msc/membangun-karakter-bangsa-melalui-literasi-digital.pdf

Elpira Bella. 2018. Tesis Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar Ranniry

Hariyanto. 2012. Jurnal Ilmiah tentang cara meningkatkan motivasi belajar anak http://belajarpsikologi.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anak/ akses tanggal 2 Desember 2020

Gunawan Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada

Mulyasa.2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Msuratman. 2012. Penguatan Budaya Literasi Teknologi Oleh Kepala Sekolah. https://msuratman.wordpress.com/2012/03/10/supervisi-akademik-oleh-kepala-sekolah/

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana membelajarkan ILMU PENGETAHUAN ALAM di Sekolah Dasar. PT. Pustaka Indonesia Press: Jakarta.

Sa’ud Udin Saefudin.2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Saiful Arif.2008. Implementasi Penguatan Budaya Literasi Teknologi. Jurnal Tadris 3, no. 2.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sejingga Ungu. 2016. Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa. https://sejinggaungu.blogspot.com/

Sofie Dewayani.2017 Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas, Yogyakarta, Kanisius

Tasjid.2014. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1Penguatan budaya literasi teknologi Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.ISSN 2355-9683:Brebes

Tim Pengembang. 2010. Laporan PTS upaya peningkatan kompetensi gurudalam menyusun silabus dan rpp melaluipenguatan budaya literasi teknologi yang berkelanjutandi SMAN 1 Tenjo Kab. Bogor. SMAN 1 Tenjo:Bogor

Unesco, “Digital Literacy In Education”, in IITE Policy Brief, May 2011. http://unesdoc.unesco.org/images/0021/002144/214485e.pdf2

Wiji Suwarno. 2011. Perpustakaan dan Buku: Wacana Penulisan dan Penerbitan Yogyakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.