KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING DI MTs HUBULO KABUPATEN BONE BOLANGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango. (2) manfaat kemampuan guru menggunakan aplikasi dalam meningkatkan efektivitas e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden yang telah memenuhi standar sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango memiliki skor rata-rata sebesar 78,76% yang berada pada kriteria yang “cukup kreatif”. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru menjadi penunjang yang utama dalam penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring karena dengan kemampuan tersebut guru akan dengan mudah membuat tahapan pembelajaran menjadi lebih inovatif seperti pada tahap perencanaan yang ideal sesuai pedoman perencanaan, pelaksanaan yang efektif dan evaluasi yang terstruktur. (2) Manfaat kemampuan guru menggunakan aplikasi dalam meningkatkan efektivitas e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango memiliki skor rata-rata sebesar 79,86% yang berada pada kriteria yang “cukup bermanfaat”. Hal ini menunjukkan bahwa guru MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango belum begitu kreatif dalam penggunaan teknologi informasi khususnya aplikasi-aplikasi untuk kegiatan pembelajaran online sehingga hasil belajar siswa ketika dibelajarkan secara online ini belum maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta : Penerbit Bestari Buana Murni
Alwi, Hasan, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Penerbit Balai Pustaka.
Astarina, Meidy. 2016. Strategi Pengawas PAI SMP/MTS Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal An-Nizom | Vol. I, No. 3
Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya
Bryson, J.M. 2003. Strategic Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, Edisi ke-1,Cetakan ke-5. (Terjemahan M. Miftahuddin). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Isjoni dan Mohd. Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir (Perpaduan Indonesia-Malaysia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kadir, Abdul 2003, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Masaong, Abd.Kadim dan Arfan A.Tilome. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Jakarta: Alfabeta
Mulyasa, 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Munandar, Utami. 2002. Kemampuan dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan. Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mustaqim, 2001. Psikologi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Nadhifah, Ismun. 2008. Penerapan Nilai-Nilai Budi Pekerti yang Terintegrasi Dalam Pembelajaran Sains Terpadu Melalui Living Values Educational Program (LVEP). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta
Narwati, Sri 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Nasution. 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Rohiat, 2008. Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta
Salam, Dharma Setyawan. 2004. Manajemen Pemerintahan Indonesia. Jakarta : Penerbit Djambatan.
Salusu, J. 2005. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta : PT.Gramedia
Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja. Grafindo Persada. Jakarta. Arikunto
Sa'ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Stoner James, DKK, 1996, Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit PT. Prenhallindo,
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka. Cipta
Tsauri, Asep Sufyan. 2009. Pengembangan Model Sistem Elearning Dengan Pendekatan Personal Learning Environments (Ples) Dalam Mendukung Pembelajaran Komunitas. Jurnal. Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia
Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2011., Teknologi Komunikasi dan Informasi. Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara
Uno, Hamzah. B . 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara
Usman, Mohammad Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Yusuf, Tayibnapis Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.