KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI E-LEARNING DI MTs HUBULO KABUPATEN BONE BOLANGO

Djufri A. Wolango, Ikhfan Haris, Arifin Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango. (2) manfaat kemampuan guru menggunakan aplikasi dalam meningkatkan efektivitas e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden yang telah memenuhi standar sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango memiliki skor rata-rata sebesar 78,76% yang berada pada kriteria yang “cukup kreatif”. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru menjadi penunjang yang utama dalam penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring karena dengan kemampuan tersebut guru akan dengan mudah membuat tahapan pembelajaran menjadi lebih inovatif seperti pada tahap perencanaan yang ideal sesuai pedoman perencanaan, pelaksanaan yang efektif dan evaluasi yang terstruktur. (2) Manfaat kemampuan guru menggunakan aplikasi dalam meningkatkan efektivitas e-learning di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango memiliki skor rata-rata sebesar 79,86% yang berada pada kriteria yang “cukup bermanfaat”. Hal ini menunjukkan bahwa guru MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango belum begitu kreatif dalam penggunaan teknologi informasi khususnya aplikasi-aplikasi untuk kegiatan pembelajaran online sehingga hasil belajar siswa ketika dibelajarkan secara online ini belum maksimal.


Keywords


Kemampuan Guru, E-Learning, Aplikasi

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta : Penerbit Bestari Buana Murni

Alwi, Hasan, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Penerbit Balai Pustaka.

Astarina, Meidy. 2016. Strategi Pengawas PAI SMP/MTS Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal An-Nizom | Vol. I, No. 3

Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya

Bryson, J.M. 2003. Strategic Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, Edisi ke-1,Cetakan ke-5. (Terjemahan M. Miftahuddin). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Djamarah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Isjoni dan Mohd. Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir (Perpaduan Indonesia-Malaysia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kadir, Abdul 2003, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Masaong, Abd.Kadim dan Arfan A.Tilome. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Jakarta: Alfabeta

Mulyasa, 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Munandar, Utami. 2002. Kemampuan dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan. Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mustaqim, 2001. Psikologi Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Nadhifah, Ismun. 2008. Penerapan Nilai-Nilai Budi Pekerti yang Terintegrasi Dalam Pembelajaran Sains Terpadu Melalui Living Values Educational Program (LVEP). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta

Narwati, Sri 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Nasution. 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Rohiat, 2008. Manajemen Sekolah; Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

Salam, Dharma Setyawan. 2004. Manajemen Pemerintahan Indonesia. Jakarta : Penerbit Djambatan.

Salusu, J. 2005. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta : PT.Gramedia

Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja. Grafindo Persada. Jakarta. Arikunto

Sa'ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Stoner James, DKK, 1996, Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit PT. Prenhallindo,

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka. Cipta

Tsauri, Asep Sufyan. 2009. Pengembangan Model Sistem Elearning Dengan Pendekatan Personal Learning Environments (Ples) Dalam Mendukung Pembelajaran Komunitas. Jurnal. Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia

Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2011., Teknologi Komunikasi dan Informasi. Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara

Uno, Hamzah. B . 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara

Usman, Mohammad Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Yusuf, Tayibnapis Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.