PARTISIPASI STAKEHOLDER PENDIDIKAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN POHUWATO

Saiful Hudodo, Ansar Ansar, Fory Armin Naway

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi stakeholder pendidikan dalam penyusunan rencana strategis di Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato serta faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksplanatori. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Partisipasi stakeholder pendidikan dalam penyusunan rencana strategis di Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 103,00 satuan yang berada dalam kategori yang aktif, artinya penyusunan rencana strategis di Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato senantiasa melibatkan seluruh pihak untuk berperan aktif agar perumusan suatu kebijakan pendidikan sesuai dengan isu strategis dan langkah strategis yang tepat. Faktor yang mempengaruhi partisipasi stakeholder pendidikan dalam penyusunan rencana strategis di Dinas Pendidikan Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 62,25 satuan yang berada dalam kategori yang cukup efektif. Faktor yang paling dominan yang mempengaruhi partisipasi stakeholder pendidikan dalam penyusunan rencana strategis adalah kesempatan untuk berpartisipasi dan faktor yang paling rendah pengaruh bagi partisipasi stakeholder adalah faktor iklim sosial, ekonomi, politik dan budaya.


Full Text:

PDF

References


Andai, Juarni 2011. Perencanaan strategis kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Lulusan Di SMA Negeri 1 Luwu Utara. Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Iain Palopo

Arifin, Zainal, 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip,Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astuti D, Siti Irene. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY

Bryson, John. 2001. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chao C. Chen, Ann Yan Zhang, and Hui Wang. 2014. Enhancing the Effects of Power Sharing on Psychological Empowerment: The Roles of Management Control and Power Distance Orientation. Management and Organization Review

Dessler, Gary. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenhalindo.

Fattah, Nanang, 2012, Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fitrah, Muh. 2017. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta : Graha Ilmu

Handoko, Hani. 2003. Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: IRCISOD.

Holil, Soelaiman. 2010. Partisipasi sosial dalam usaha kesejahteraan sosial. Bandung: Badan Penelitian dan Pengembangan Sosial.

Husain, Walidun,. 2011. Partisipative Leadership. Bandung: MQS Publishing

Ihsan, Fuad. 2016. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta:Rineka Cipta.

Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi, 2001, Reformasi Pendidikan Dalam Konteks. Otonomi Daerah, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Masaong, Abd Kadim dan Ansar. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah (Teori,Model dan Implementasi). Gorontalo: Sentra Media

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan. Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera

Mulyasa, E. 2006. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan, Jakarta: Kalam Mulia

Ranupandojo, Heidjrachman dan Suad Husnan. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Rosyada, Dede. 2013. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Modelpelibatan Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rowley, D. J., Lujan, H. D., dan Dolence, M.G. 2007. Strategic Change in Collegesand Unviversities. San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education Manajemen Mutu Pendidikan, Jogyakarta: IRCiSoD.

Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyah. 2001. Partisipasi Komite Sekolah dalam Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Dasar (SD) Negeri IV Wates, Kabupaten Kulon Progo. Tesis. PPs – UNY

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumampouw, Monique. 2004. “Perencanaan Darat-Laut yang Terintegrasi dengan Menggunakan Informasi Spasial yang Partisipatif.” Jakarta: Pradnya Paramita.

Syamsuri. 2014. Kepemimpinan Partisipatif dan Pendelegasian Wewenang. Jakarta : Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. 2004. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo, 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wismanawati, Riski Tri dan Aan Permana. 2013. Efektivitas Sanksi Administratif Keterlambatan Pengembalian Bahan Pustaka Terhadap Kedisiplinan Pemustaka di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013 Halaman 1-9

Yuneti, Armi; Hamdan; dan Ahmad Gawdy Prananosa. 2019. Kepemimpinan partisipatif dan komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Alignment: Journal of Administration and Educational Management Volume 2, Nomor 2, Desember 2019 e-ISSN : 2598-5159 p-ISSN : 2598-0742


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.