INOVASI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMANFAATAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI MULTIKASUS DI SMA NEGERI 1 MARISA DAN SMK NEGERI 1 MARISA KABUPATEN POHUWATO PROVINSI GORONTALO)

Abas Abas, Syamsu Qamar Badu, Zulaicha Ngiu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dalam pemanfaatan dana BOS SMA Negeri 1 Marisa dan SMK Negeri 1 Marisa. Tujuan lainnya adalah untuk mendeskripsikan bentuk inovasi kepala sekolah serta kendala yang dihadapi dalam melaksanakan inovasi pemanfaatan dan BOS di SMA Negeri 1 Marisa dan SMK Negeri 1 Marisa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengarah pada jenis penelitian multi kasus. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi (pengamatan) serta wawancara langsung bersama beberapa informan yang sudah ditentukan. Model analisa data yang digunakan adalah model pendekatan deskriptif-kualitatif sesuai langkah analisis data menurut Miles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan dana BOS sudah dilakukan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang dimuat dalam petunjuk teknis BOS itu sendiri. Bentuk-bentuk inovasi kepala sekolah dalam pemanfaatan dana BOS yakni dengan penyesuaian penyusunan program dalam RKAS, melakukan penyesuaian laporan agar sejalan dengan juknis, melakukan penghematan agar penggunaan dana lebih efektif dan efisien serta melakukan upaya lain memaksimalkan sumber daya sekolah. Kendala dalam melaksanakan inovasi pemanfaatan dana BOS kurangnya jumlah dana BOS, juknis BOS yang sifatnya mengikat, adanya kegiatan yang bersifat dadakan yang tidak termuat di RKAS.


Keywords


Dana BOS, Inovasi Kepala Sekolah, Pemanfaatan Dana BOS

Full Text:

PDF

References


Andrian, I. 2014. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Sekolah Unggul. Bahana Manajemen Pendidikan, Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1), Hal. 320 – 831.

Baharuddin. 2017. Pendekatan Moral Spiritual dalam Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 1(1), Hal. 28 – 41.

Hakim, A. 2014. Dinamika Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi (Pendekatan Konvensional dan Nilai-Nilai Islami). Semarang: EF Press Digimedia.

Handayani, T. dan Rasyid, A.A. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3 (2), Hal. 264 – 277.

Hasiara, L.O. 2018. Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs. Malang: CV. IRDH.

Hasibuan, A.T. dan Prastowo, A. 2019. Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Jurnal MAGISTRA 10 (1), Hal. 26 – 50.

Hidayat, R., Dyah M.V., dan Ulya, H. 2019. Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Vol. 4 No. 1, Hal. 61 – 68.

Jannah, L.K. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Manajemen Pendidikan. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 1, Hal. 129 – 139.

Kadi, T. dan Awwaliyah, R. 2012. Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, Vol. 1, No. 2, Hal. 144 – 155.

Kasidah, Murniati A.R., dan Bahrun. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Vol, 5, No. 2, Hal. 127 – 133.

Kemendikbud. 2019. Kepemimpinan Perubahan. Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, Areli, A.J., Agustina, M., Kafarisa, R.F., Saputra, A.G., Diana, N., Agustina, E., Oktarina, R., dan Hisri, T.B. 2018. Inovasi Pendidikan. Ponorogo: Wade Print.

Kurniawan, A. 2016. Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Multiple Intelligence. JUARA : Jurnal Olahraga, 1 (1), Hal. 15 – 27.

Kusnandi. 2017. Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “Dare to Be Different”. Jurnal Wahana Pendidikan, Volume 4, No. 1, Hal. 132 – 144.

Leuhery, F. dan Manuhutu. A.J. 2018. Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Berorientasi Hubungan, Promosi Jabatan dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Negei Sipil Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Manis Vol. 2, No. 1, Hal. 11 – 24.

Masaong, A.K., Tilome, dan Arsyad, A. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukminin, A., Habibi, A., Prasojo, L.D., dan Yuliana, L. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Naif. 2016. Urgensi Inovasi Pendidikan Islam: Menyatukan Dikotomi Pendidikan. Jurnal KORDINAT, Vol. XV, No. 1, Hal. 1 - 16.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis pengunaan dan pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2013

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah dan Madrasah.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Pengunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2013 tertuang bahwa Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Priyono dan Marnis. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Priyono. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Rosdina, Murniati, dan Yusrizal. 2015. Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Pada SD Negeri 2 Lambheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3 (2), Hal. 69 – 78.

Sartika, D. 2015. Inovasi Organisasi dan Kinerja Organisasi: Studi Kasus Pada Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Borneo Administrator, Vol. 11, No. 2, Hal. 129 – 151.

Satriadi. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Benefita, 1 (3), Hal. 123 – 133.

Siagian, S.P. 2007. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sihombing, L.B. 2010. Dampak Inovasi Pendidikan Sebagai Suatu Bidang Studi Pengantar Pendidikan di Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal GENERASI KAMPUS, Vol. 3, No. 1, Hal. 140 – 154.

Sofanudin, A. 2012. Manajemen Inovasi Pendidikan Berorientasi Mutu pada MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Jurnal Cendekia, Vol. 14, No. 2, Hal. 301 – 316.

Syafaruddin, Asrul, dan Mesiono. 2012. Inovasi Pendidikan (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan). Medan: Perdana Publishing.

Syamsul, H. 2017. Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 2, Hal. 275 – 289.

Taufiqurokhman. 2009. Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Tohari, H. 2017. Gaya Kepemimpinan Berbasis Emotional Intelligence. Jurnal Kependidikan (JK), 5 (1). Hal. 29 – 42.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, H. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah/Madrasah di Abad Ke-21. Jurnal Tenaga Kependidikan, Vol. 5, No. 2, Hal. 1 – 15.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., dan Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 1 Tahun 2016.

Yahdiyani, N.R., Muna, A.R., Nurjanah, S., dan Wahyuni, S. 2020. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), Hal. 327 – 336.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.