MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Dajani Suleman, Samsiar Rivai, Ulmi Pratiwi Putri Bangsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui model Concept Sentencepada siswa kelas II di SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui model Concept Sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II di SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini dilihat dari data observasi awal di mana yang mampu hanya berjumlah 7 orang siswa atau 39% sedangkan yang belum mampu berjumlah 11 orang siswa atau 61%. Setelah diadakan tindakan penelitian melalui model Concept Sentence, peningkatan tersebut dapat dilihat dari siklus I pertemuan pertama pada kemampuan menulis kalimat sederhana meningkat menjadi 8 orang siswa atau 44% yang mampu, sedangkan 10 orang siswa atau 56% yang belum mampu. Kemudian dilanjutkan pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 10 orang siswa atau 56% dan yang belum mampu berjumlah 8 orang siswa atau 44%. Karena hasil kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa belum mencapai indikator yang diinginkan, maka perlu tindakan selanjutnya yaitu siklus II pertemuan pertama yang telah meningkat sebanyak 13 orang siswa atau 72% dan terdapat 5 orang siswa atau 28% yang belum mampu. Sedangkan untuk siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan sebanyak 15 orang siswa atau 83% dan yang belum mampu berjumlah 3 orang siswa atau 17%. Pada siklus II sudah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model Concept Sentence sangat tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Andira, Ayu & R Mantasiah. 2020. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam keterampilan menulis kalimat sederhana. Journal of Language, Literature, and Linguistics. Vol.1. No. 2. Hlm. 130.

Gunawan, Fahmi. 2018. Senerai Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Hadiana, dkk. 2018. Penggunaan media big book untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhna. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.4. No.2. Hlm. 222.

Huda, Miftahul. 2015. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismayani, R Mekar. 2017. Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. No .2. Hlm. 79-80.

Komariah, Nurul & Asri Susetyo Rukmi. 2015. Efektivitas penggunan media video terhadap keterampilan menulis kalimat siswa kelas 1 SD Balongpanggang Gresik. Jurnal PGSD. Vol. 03. No. 02. Hlm. 483.

Kurniawati, Retno. 2019. Inovasi pembelajaran bahasa indonesia. Jakarta: Graf Literature.

Kaharuddin, Andi & Nining Hajeniati. 2020. Pembelajaran inovativ & variatif. Gowa-Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.

Kosasih, E & Hari Wibowo. 2020. Materi utama bahasa indonesia berbasis teks. Bandung: UPI Press.

Lolotasik, Desi Saputri. 2018. Kemampuan menyempurnakan kalimat rancu melalui model complete sentence siswa kelas VII SMPN 2 Bone. Jurnal Onoma Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 3. No 1. Hlm 25.

Mawarda, Septi Kiki. 2017. “Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II”. PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurjani. 2018. Literasi pada pembelajaran menulis bagi anak sekolah dasar. Jurnal IAIN Batusangkar. Vol. 3. No. 1. Hlm. 235.

Sajidan. H. 2018. Forum komunikasi pengembangan profesi pendidik Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dwija Utama. Vol. 9. Hlm. 70.

Sudrajat, Rochmat Tri & Woro Wuryani. 2019. Model pembelajaran kalimat menggunakan pendekatan kooperatif berbasis karakter di Ikip Siliwangi Bandung. Jurnal Semantik. Vol. 8. No. 1. Hlm. 30-32.

Sarmadan & La Alu. 2015. Bahasa indonesia dan karya tulis ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Simarata, Janner. 2019. Semua bisa menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis

Telaumbanua, Sadieli. 2020. Penelitian tindakan kelas dan panduan bagi pembelajar bahasa. Jawa Tengah: Lakeisha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.