TENGGE-TENGGE: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REDUKSI DAN OKSIDASI

Thayban Thayban, Erga Kurniawati

Abstract


Media permainan diperlukan agar siswa lebih aktif dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reduksi dan oksidasi serta menumbuhkan nilai-nilai tradisi Indonesia melalui permainan tengge-tengge. Hasil belajar yang diukur yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid dan hasil reliabitas tes adalah 0,78544 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian. Hasil menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=58 diperoleh thitung 2,208 > ttabel 1,672, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tengge-tengge bermodel Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reduksi dan oksidasi dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 80,2 dan kelas kontrol 75,1. Hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 79,6% sedangkan kelas kontrol 69,3%. Pada Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata aspek psikomotor antara kelas eksperimen 76,7% dan kelas kontrol 71,1%.

Keywords


Permainan Tengge-Tengge, Model NHT; Hasil Belajar; Reduksi dan Oksidasi

Full Text:

PDF

References


Arista, S., & Poedjiastoeti, S. (2014). Kelayakan Permainan Cuthatan Kimia Sebagai Media Chemoedutainment Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Journal of Chemical Education , 03 (02), 158-163.

Asmara, H. J. (2016). Pembejaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Deskriptive Bahasa Inggris Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial dan sains , 2 (3), 161-174.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. jurnal Dinamika Penelitian , 17 (02), 315-330.

Herlinda, H. Y. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Media Roda Keberuntungan Terhadap Hasil beljar Siswa Matematika Siswa Kelas V SDN Sandi 01 Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan , 32 (01), 95-105.

Masduki, L. R., & Kurniasih, E. (2018). Desain Model Permainan Tradisional Sunda Manda Dalam Meningkatkan Multiple Intelegensi Pebelajar. Jurnal Prisma , 1 (1), 189-196.

Muslimah, I., & Lubis, R. (2018). Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Al-Hikmah Kecamatan Medan Denai. Jurnal Raudhah , 06 (02), 1-9.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan , 03 (02), 334-358.

Pratiwi, D. (2018). peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Tipe NHT di SDN Nomporejo. Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1 (1), 1-8.

Putri, A. b., & Hasyim, N. (2017). Upaya Melestarikan Pemainan Tradisional Engklek Melalui Teknologi Digital Interaktif. Jurnal Rupa , 02 (02), 77-149.

Sugiata, I. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia , 2 (2), 78-87.

Syamsiana, F., & Lutfi, A. (2014). Media Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Pembelajaran Sifat-Sifat Sistem Periodik Unsur Sma Kelas X. Journal of Chemical Education , 3 (1), 1-9.

Ulya, H. (2017). Permainan Tradisonal Sebagai Media Dalam Pembelajran Matematika. Jurnal Semnasdik , 2, 317-376.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.