ANALISIS PEMBELAJARAN PKn SEBAGAI LABORATORIUM DEMOKRASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Elmia Umar, Candra Cuga, Indah Saskia Manangin

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran PKn sebagai demokrasi pada siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan metode Kualitatif. Variabel pengumpulan data terkait perencanaan, proses dan evaluasi guru pada siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa dan wali kelas SDN 1 Bulango Selatan dan SDN  4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango, yaitu wali kelas V dan VI, 1 siswa kelas V, dan 2 siswa kelas VI  SDN 1 Bulango Selatan dan wali kelas V dan 1 siswa SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengambilan sampel menggunakan model purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan mendapatkan hasil guru sudah berusaha menciptakan kelas demokratis pada pembelajaran PKn sebagai laboratorium demokrasi pada siswa. Guru memberikan siswa ruang untuk berdiskusi, menjawab, bertanya dan saling menerima dan memberi pendapat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn sebagai laboratorium demokrasi pada siswa di SDN 1 Bulango Selatan dan SDN 4 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango sudah ada usaha dari guru melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran PKn  meskipun masih ada hambatan yang datang dari siswa maupun model dan media pembelajarannya yang belum optimal.


Keywords


Demokrasi; Pembelajaran PKn sebagai Laboratorium; Penelitian Kualitatif

Full Text:

PDF

References


Anjani, S. R. 2014. Implementasi Pendidikan Demokrasi Melalui Pembelajaran PKn Untuk Membentuk Warga Negara Ynag Bertanggung Jawab (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

FIPS IKIP PGRI. Laboratorium Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Lingkungan Kampus, dapat diakses di http://fips.ikippgriptk.ac.id/lab872051#:~:text=Laboratorium%20Pendidika%20Pancasila%20dan%20Kewarganegaraan,di%20lingkungan%20kampus20IKIP%20PGRI. Diakses pada tanggal 4 Januari: 22.14 Wita

Kurniawan, M. I. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 37-45

Sepriya, 2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta:10701

Sundawa, D.2011. Membangun Kecerdasan Berdemokrasi Warga Negara Muda Melalui Perwujudan Kelas PKn Sebagai Laboratorium Demokrasi (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Winarno,2008.Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. PT Bumi Aksara. Jakarta:13220

Winatraputra, M. A. 2020. Hakikat, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.