MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

Ismail Pioke, Samsiar Rivai, Noprin Noprin

Abstract


Adapun tujuan penelitian untuk Mendeskripsikan Media Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika kelas Tinggi di SDN Se-Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo Di masa Pandemik Covid-19. Subjek penelitian yaitu Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar Sebanyak 21 Guru. Hasil penelitian ditinjau pada capaian indikator 1. Pelaksanaan pembelajaran daring, yang terdapat poin 1) pelaksanaan pembelajaran dengan persentase 105%, pada poin 2) respons peserta didik dengan persentase 87.5%, pada poin 3) aktivitas belajar dengan persentase 84%, pada poin 4) hasil belajar dengan persentase 78.5% pada indikator 2. Media pembelajaran daring, yang terdapat poin 1) penggunaan media pembelajaran daring dengan persentase 90.5%, pada poin 2) media pembelajaran virtual Google Zoom dengan persentase 75%, pada poin 3) media pembelajaran Google Meet dengan persentase 95%, pada poin 4) media pembelajaran audio visual (video pembelajaran) dengan persentase 91%, pada poin 5) media pembelajaran Google Classroom dengan persentase 87%, pada poin 6) media pembelajaran berbasis modul atau bahan ajar dengan persentase 84%, pada poin 7) media pembelajaran berbasis WhatsApp (WA) dengan persentase 102%, dan pada poin 8) media pembelajaran berbasis Youtube dengan persentase 87%. Simpulan capaian dari keseluruhan indikator deskripsi Media Pembelajaran daring diperoleh nilai rata-rata = 88.87%.

Keywords


Media Pembelajaran; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Ambiyar, Jalinus. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana

Ariyadi, Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik “Suatu Alternatif Pendekatan pembelajaran Matematika”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asra, Prasetyo. 2015. Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Survey. Jakarta: Rajawali PersAlimufi, dkk. 2020. Metodologi Penelitian. Pasuruan: Qiara Media

Batubara. 2020. Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing

Fajar. 2007. Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Hamid, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis

Hasanah, Sumiharsono. 2017. Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi

Heruman. 2017. Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayati.2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen History Mathematics. CV Pena Persada

Ismail.2020. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia publisher

Isrok’atun, Dkk. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Jawa Barat: UPI Sumedang Press

Mahasiswa UIN. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Di Era Covid-19. Jawa Barat: Lp2m UIN Sunan Gunung Djati

Maimuna, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Widya Wisata. Duta Media Publishing

Pingge. 2020. Mengajar dan Belajar. Jateng. Lakeisha

Pohan, Albert E. (2020) Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung

Purba dkk.2020. Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis

Saepudin, dkk. 2016. Gemar belajar matematika 5. Jakarta: pusat perbukuan. Departemen pendidikan nasional.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Deepublishing

Soenarjo. 2019. Matematika 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudaryono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sumarni. 2017. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugu

Sumiharsono, Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi

Tadris. 2020. Catatan Dasar Pembelajaran Matematika. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Manajemen

Umbara. 2017. Psikologi Pembelajaran Matematika (Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi). CV Budi Utama

Wafi, Virdyna. Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Duta Media Publishing

Yasni. 2020. Media Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Online Learning Media Daring The Coronavirus Disease. Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI)

Yayuk. 2019. Pembelajaran Matematika SD. Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.