ANALISIS PENERAPAN PRINSIP GOOD SCHOOL GOVERNANCE PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN POHUWATO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan prinsip transparansi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (2) penerapan prinsip partisipatif pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (3) penerapan prinsip akuntabilitas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (4) penerapan prinsip kemandirian pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 192 orang yang kemudian dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 130 orang guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan prinsip transparansi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 86,32% atau berada pada kriteria yang baik. (2) penerapan prinsip partisipatif pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 89,52% atau berada pada kriteria baik. (3) penerapan prinsip akuntabilitas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 89,33% atau berada pada kriteria baik. (4) penerapan prinsip kemandirian pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 89,69% atau berada pada kriteria baik
Full Text:
PDFReferences
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan prinsip transparansi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (2) penerapan prinsip partisipatif pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (3) penerapan prinsip akuntabilitas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. (4) penerapan prinsip kemandirian pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner pada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 192 orang yang kemudian dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 130 orang guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan prinsip transparansi pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 86,32% atau berada pada kriteria yang baik. (2) penerapan prinsip partisipatif pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 89,52% atau berada pada kriteria baik. (3) penerapan prinsip akuntabilitas pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 89,33% atau berada pada kriteria baik. (4) penerapan prinsip kemandirian pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pohuwato memiliki skor sebesar 89,69% atau berada pada kriteria baik
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.