PENGARUH MODIFIKASI TAHAPAN PENGGUNAAN MEDIA KWARTET DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Wingkawaty U. Dai, Weny J.A. Musa, Lukman A.R. Laliyo

Abstract


Permasalahan  dalam  penelitian  ini  meliputi  (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 16 Limboto Barat dan SDN 11 Limboto Barat yang menggunakan media kwartet modifikasi dengan menggunakan media benda nyata pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya? (2) apakah terdapat pengaruh interaksi media yang berbeda dan motivasi belajar yang berbeda terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 16 Limboto Barat dan SDN 11 Limboto Barat yang menggunakan media kwartet modifikasi dengan menggunakan media benda nyata pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya? (3) bagi siswa yang motivasi belajar tinggi, apakah hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 16 Limboto Barat dan SDN 11 Limboto Barat yang menggunakan media kartu kwartet modifikasi lebih kecil dibandingkan dengan yang menggunakan media benda nyata pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya? (4) bagi siswa yang motivasi belajar rendah, apakah hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 16 Limboto Barat dan SDN 11 Limboto Barat yang menggunakan media kartu kwartet modifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan media nyata pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya?.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh modifikasi tahapan penggunaan media kwartet dan motivasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 16 Limboto Barat dan SDN 11 Limboto Barat. Penelitian  ini  tergolong  ke  dalam  jenis  penelitian  Eksperimen dengan menggunakan desain treatment by level 2x2. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa kelas  IV  SDN 16 Limboto Barat dan SDN 11 Limboto Barat yang  berjumlah  70 orang.  Data  hasil  penelitian dikumpulkan  dengan  menggunakan  angket, tes  dan dokumentasi. Hasil penelitian modifikasi tahapan penggunaan media kwartet materi bagian-bagian tumbuhan untuk ahli media memperoleh masing-masing nilai rata-rata 98, 92 dan 86. Hasil rekapitulasi skor validasi dari tiga validator memperoleh skor keseluruhan 92 dengan kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Modifikasi tahapan penggunaan media kwartet layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan. Perolehan nilai hasil belajar siswa, pada kelas eksperimen nilai terendah yaitu 76 dan nilai tertinggi 100 dengan nilai rata-rata 87,1, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai terendah yaitu 76 dan nilai tertinggi 94 dengan nilai rata-rata 80,3.


Keywords


Media Kwartet, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Astutik, W, Indah, N.K, Admoko,S. 2016. Pengembangan Permainan Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP,V.1 (1), hal.(2). (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16643) diakses pada 7 Desember 2020.

Defingantun, dkk. 2020. Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis TAI Pada Muatan IPS, V.10 (2), hal.(186). (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/download/) diakses pada 7 Desember 2020.

Istikholah, Roshayanti, F.,& Priyanto, W. 2019. Pengaruh Kartu Kwartet Dalam Model Pembelajaran Stand Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Jurnal of Education Technology, V.3 (4), hal.(253-255). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/22361) diakses pada 12 September 2020.

Meiliani. Y, Nurhadiah. 2017.Pengaruh Metode Permainan Media Kartu Kuartet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sub Materi Vertebrata, V.1 (2), hal.(49). (http://jurnal.unka.ac.id/index.php/fkip/article/view/102) diakses pada 7 Desember 2020.

Mulyono,dkk. 2016. Penggunaan Media Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha Di Indonesia Dalam Mata Pelajaran IPS, V.1 (1), hal.(484). (https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2977) diakses pada 7 Desember 2020.

Prasetya,Y.E & Khabibah, S. 2016. Pengembangan Media Permainan Kartu Kwartet dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Segitiga dan Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, V.1 no.5, hal.(96). (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16673) diakses pada 12 September 2020.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperatif Learning teori&aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulfikar dan Azizah, L. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MA Negeri 1 Makassar,V.1 (2), hal.(159). (https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4412) diakses pada 7 Desember 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.