MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Multi Kasus pada SMA Negeri 1 Ampana Kota dan SMK Informatika Komputer Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una)

Erviani Erviani, Ansar Ansar, Arifin Arifin

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran di masa pandemi COVID-19 akibat dari dampak wabah yang melanda di seluruh belahan bumi sejak dua tahun terakhir ini. Penelitian bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesigapan sekolah dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi COVID-19, (2) mendeskripsikan implementasi pembelajaran di masa pandemi COVID-19, (3) mendeskripsikan dampak pola pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri I Ampana Kota dan SMK Informatika Komputer Ampana Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi-kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Proses analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesigapan sekolah dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada prinsipnya sudah terlihat siap, dari segi kurikulum dengan memilah dan memilih materi esensial untuk diajarkan kepada peserta didik. Dari segi sarana prasarana sekolah memiliki fasilitas penunjang pembelajaran dan fasilitas sanitasi yang cukup memadai dan layak bagi warga sekolah. Pendidik dalam hal ini guru sudah siap dengan menerapkan pembelajaran model daring, luring maupun kombinasi, begitu pula peserta didik sebagian besar dapat dikatakan dalam kategori siap karena teknologi bukan hal asing lagi bagi mereka; (2) implementasi pembelajaran di masa pandemi dapat berjalan dengan baik meskipun belum sepenuhnya optimal, diakibatkan masih terdapat kendala baik teknis maupun nonteknis. Pembelajaran di masa depan dapat menerapkan model pembelajaran blended/hybrid learning; (3) dampak pola pembelajaran baik daring dan luring dari segi mutu pendidikan dan capaian hasil belajar peserta didik pada masa pandemi mengalami penurunan secara signifikan karena banyaknya kendala teknis dan nonteknis, serta belum adanya habituasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh ini. Pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi ini dapat berjalan dengan optimal dan efektif jika sinergitas antara pemangku kepentingan pendidikan, pihak sekolah, dan masyarakat dalam hal ini orang tua dapat terjalin dengan baik.


Keywords


Blended/Hybrid Learning, Manajemen Pembelajaran, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. 2021. Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 167. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959

Alimuddin., Tawany Rahamma., M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Di Universitas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4).

Al-Tabany, T. I. B. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: KENCANA.

Ana, W. 2021. Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Asmuni, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4),281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Daheri, Mirzon., Juliana., Deriwanto., Amda, Ahmad Dibul. 2020. Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Bengkulu: Jurnal Basicedu. Vol. 4 (4): 775-783.

Hadisi, dan Muna. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8, 127–132.

Hasyim, E. 2020. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar” Gorontalo, 14 Juli 2020 ISBN:xxxxxxxxxxx.85-94

Kartika, A. R. 2018. Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.

Mansyur, A. R. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Patilima, Hamid P. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan kedua, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Qayyum Ch, Abdul., Hussain, Tariq., Mahmood, Zaid., Rasool, M. Shafqat. 2016. A Comparative Study between the Learning Style of User and Non User Students of Social Media at Elementary School Level. Bulletin of Education and Research. Vol. 38 (2): 203-209

Soleh, A. N. 2020. Strategi Manajemen Pembelajaran Pada Masa COVID-19 di SMK Ma’arif 9 Kebumen. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi, 4(2), 1-13. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/index Vol.4

Sufyadi, S. 2020. Strategi dan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balibangbuk, Kemdikbud. Jakarta. Jounal Abcnews, 2, 23-30.

Sugiyono, 2007. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Syah, R. H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Bangkalan: Jurnal Pendidikan Bahasa, dan Sastra Indonesia Metalingua. Vol. 5 (1): 31-34

Yerusalem, M. R., & dkk. 2020. Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol 3 No. 4 (2015).

Yulianto, Aan., Amalia, Dinda M., Muqodas, Idat. 2020. Use of Instagram to Improve Verbal-Linguistic Intelligence and Kinesthetic-Body Intelligence of 72 Low-Class Students Through Scientific Approach in Primary School. Primary Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol. 10 (1): 112-124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.