PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, IKLIM KERJA, DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN AMPANA KOTA KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Budi Waluya, Arfan Arsyad, Fory Armin Nawai

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi profesional guru, iklim kerja, dan motivasi mengajar guru terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Kabupaten Tojo Una-Una yang berjumlah 174 orang sedangkan sampel adalah 129 orang guru. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh langsung kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una; (2) terdapat pengaruh langsung iklim kerja terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una; (3) terdapat pengaruh langsung motivasi mengajar guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Tojo Una-Una.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2010. Guru Profesional-Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung, Alfabeta.

Anglin Leo, 2014. Teching What It‟s All About, New York: Publishers.

Ardiana Titin Eka, 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, Vol. 17, No. 02, Januari 2017 – 14

Arifin. M & Barnawi, 2015. Micro Teaching. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Arikunto, Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astrid Setianing Hartanti, Tjutju Yuniarsih. 2018. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 3 No. 1, Januari 2018, Hal. 19-27

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gunbayi, Ilhan, 2017. School Climate and Teacher`s Perceptions on Climate Factors: Research Into Nine Urban High Schools, The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET).

Hamalik, Oemar, 2016. Pendidikan Guru, Jakarta: Bumi Aksara

Hamsah, st. Syamsudduha, Ulfiani Rahman, 2019. Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Idaarah, VOL. III, NO. 2, Desember 2019

Hasanah, Dedeh Sofia, 2010. Pengaruh Pendidikan Latihan Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 11 No. 2

Immah Faizzatul, Sukidin sukidin, Titin Kartini, 2020. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019. vol 14 No 1 (2020): Jpe: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial)

Koriaty Sri, Dochi Ramadhani, Erni Fatmawati, Ratih Widya Nurcahyo, Umi Liwayanti, 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Negeri Jurusan TKJ Sekota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.6, No. 1, Juni 2017

Milner, Karen dan Khoza, Hariet, 2018. A Comparison of Teachers Stress and Scholl Climate Across School with Different Matric Success Rate, South African Journal of Educational.

Naway, Fory. 2016. Prosiding, Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD Mendidik Dengan Hati. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016

Nurdiansyah, 2018. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Pandipa Abd. Khalid Hs. 2019. Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie Volume: 12 Nomor : 1 Edisi : Maret 2019

Pita Kuswanti, Wiedy Murtini, Anton Subarno, 2019. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Rahsel Yoeyong, 2016. Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Pusat Universitas Padjadjaran Bandung (Studi Pada Bagian Administrasi Umum UNPAD). Jurnal Manajemen Magister, Vol 02. No.01, Januari 2016

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Saud, Udin Syaefudin, 2014. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.

Siregar, 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Stichter, Kenneth, 2018. Student School Climate Perceptions as a Measure of School District Goal Attainment, Journal of Educational Research & Policy Studies

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sumiati & Asra, 2014. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tubbs, JE, dan Garner, M, 2018. The Impact of School Climate on School Outcomes, Journal Of College Teaching and Learning,

Uno Hamzah B. & Nurdin Muhammad, 2014. Belajar Dengan Pendekatan. PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.