KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DASAR PADA DAERAH TERPENCIL DI KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Rahma Andi Ucok, Sitti Roskina Mas, Arifin Suking

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam mengkoordinasi program pembelajaran dengan guru, memotivasi guru untuk memperbaiki pembelajaran, dan menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif di Sekolah Dasar Negeri daerah terpencil di Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung dengan informan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis oleh Miles & Hubermann yang terdiri dari 4 langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam mengkoordinasi program pembelajaran dengan guru di Sekolah Dasar daerah terpencil di Kabupaten Tojo Una-Una yaitu 1) melakukan kerja sama dengan guru sebagai petunjuk terhadap guru untuk mencapai tujuan 2) memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan saran dan tanggapannya terhadap program yang direncanakan. 3) melakukan perencanaan pada setiap pelaksanaan program pembelajaran. Upaya kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk memperbaiki pembelajaran di sekolah dasar daerah terpencil  yaitu dengan memberikan motivasi baik dari dalam maupun dari luar, menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan,  memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi serta mencurahkan perhatian kepada pegawai yang dan semua stakeholder yang berada di sekolah, kemudian membangun kerja dan atar guru dan kepala sekolah, membangun kerja antara sekolah dengan warga sekitar. Upaya kepala sekolah dalam menciptakan proses belajar mengajar kondusif yaitu kepala sekolah mengarahkan seluruh warga sekolah untuk dapat menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan nyaman, menumbuhkan kesadaran diri dari guru maupun siswa untuk tetap berperilaku disiplin menjaga nilai-nilai yang memang sudah tertanam pada sekolah dasar daerah terpencil.


Keywords


: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepemimpinan Pembelajaran, Pembelajaran Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Y., Rahmawati, & Damhuri. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Kegiatan Supervisi Pembelajaran di SDN 04 Duhiadaa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2)

Dalimunthe, D. H. (2019). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik di MTs Az Zahra Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Dharma, Surya. Peran dan Fungsi Pengawas Sekolah/Madrasah. Dalam Jurnal Tenaga Kependidikan Volume 3(1), April 2008

Fanani, Z., Mardapi, D., & Wuradji, W. (2014). Model Asesmen Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Pendidikan Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 129-145

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1)

Juharyanto, J. (2017). Kepemimpinan unggul Kepala Sekolah Dasar Daerah Terpencil (Studi Multisitus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bondowoso). Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 89-100

Juharyanto, J., Sultoni, S., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Peran Multi-Stakeholders Forum (Masalah dan Strategi Solutif Peningkatan Mutu SD–SMP Satu Atap di Daerah Terpencil). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 1-10

Jusmin, J. (2019). Pengaruh Kebijakan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dan Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Guru Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Daerah Pinggiran dan Terpencil Kabupaten Sorong. Jurnal Citizen Education, 1(1), 78-87

Kemendiknas. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah Kemdiknas

Kompri, (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori Untuk Praktek Profesional, Kencana

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 198-219

Mukhtar, (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurusan Magister Administrasi Pendidikan, Fakultas Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mena, Y., Bafadal, I., & Mustiningsih, M. (2017, May). Kemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru. In Prosiding Seminar Nasional Mahapeserta didik Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Nurlaela, R. S. H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)

Rahayu, N. P., Nugroho, P. J., & Berliani, T. (2009). Pembinaan Profesional Guru SD Daerah Terpencil. Equity in Education Journal, 1(1), 62-72

Riduansyah, R. (2019). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 114-120

Russamsi, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Pengembangan Diri Pendidik Terhadap Kinerja Guru Masa Pandemi COVID-19 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Sumarsono, R. B. (2012). Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Inovasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY

Surachmi, S. (2012). Kajian Efektivitas Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tanama, Y. J., Bafadal, I., & Degeng, N. S. (2017). Pentingnya Kepemimpinan Pembelajaran Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Mahapeserta didik Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahyudi, A., Narimo, S., & Wafroturohmah, W. W. (2020). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Aridika, 31(2), 47-55


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.