PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PENGUATAN KARAKTERISTIK SISWA SDN DI KECAMATAN AMPANA KOTA KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan budaya sekolah terhadap penguatan karakter siswa di SDN Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan budaya sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penguatan karakteristik siswa SDN di Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una. Besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap penguatan karakter siswa adalah 92.1%, kecerdasan spiritual sebesar 81.2%, dan budaya sekolah sebesar 73.9%. Secara simultan, variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan budaya sekolah memberikan pengaruh sebesar 93.3%, sedangkan 6.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Abbas Aries, 2021. Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id http://ejurnal.pps.ung.ac.id
Astuti Albertin Dwi, 2015. Pengaruh Budaya Sekolah, Iklim Kelas Dan Kepemimpinan Guru Terhadap Karakter Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Klaten. Tesis. Program Studi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Buchori, Mochtar. 2014. Pendidikan Karakter dan Kepemimpinan Kita. Jakarta: Gramedia
Budiyono, & Harmawati, Y. 2017. Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PPKn III, 1–10.
Agustian Ginanjar, Ary, 2016. Rahasia sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Persada
Keosoema, Dharma, dkk, 2014. Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Khalifah, 2016. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Jakarta : Universitas Terbuka
Koesoema A. Doni, 2014. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. Cet. I.
Korompot Salim, Sultan M Tarmizi Korompot. 2020. Pemaknaan Peserta Didik Tentang Kecerdasan Spiritual Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id http://ejurnal.pps.ung.ac.id
Lickona, Thomas, 2012. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantambooks.
Masaong, AK. 2012. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo
Masaong, A.K & Arfan A. T, 2014. Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelligence. Alfabeta Bandung
Muniarti. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pondok Pesantren Abnaul Amir Moncobalang Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar
Muslih, 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Penguatan Karakter Siswa. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Rufahniyyah, 2012. Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Bandung : P4TK dan PLB.
Salovey P. And Mayer J. 2003. Emotional Intelligence Imagination, cognition,and personality. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Shapiro Lawrence, E. 2013. Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Jakarta : Gramedia Utama
Siregar, Astri Novia 2014 Pengaruh Budaya Sekolah, Kecerdasan Emosional, Dan Pengelolaan Stres Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, UNIMED.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
TASNUR TEHANGGA, 2017 Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sma Negeri 1 Bondoala. i thesis, IAIN KENDARI
Utama, F. (2018). ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 7. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.