PENDIDIKAN DI INDONESIA (Antara Harapan dan Kenyataan)

Maryam Rahim, Wenny Hulukati

Abstract


Pendidikan telah dipercaya sebagai komponen yang mampu membuat manusia survival dalam berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat Indonesia. Berbagai pandangan para pakar pendidikan telah memperkuat kepercayaan ini. Demikian halnya, berbagai teori pendidikan telah dirumuskan disertai implementasinya di sekolah-sekolah, dibarengi dengan penyediaan faktor-faktor penunjang penyelenggaraan pendidikan, baik faktor sumber daya manusia, maupun sumber daya non manusia. penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dari hasil penelitian dihasilkan bahwa regulasi-regulasi yang mengatur penyelenggaraan pendidikan telah dihasilkan dan diaplikasikan, tujuan pendidikan nasional telah dirumuskan dan ditetapkan secara resmi dalam undang-undang sistem pendidikan nasional. Semua itu dilakukan dalam upaya menghasilkan out-put dan out-come pendidikan yang berkualitas sebagaimana telah dideskripsikan dalam rumusan tujuan pendidikan nasional. Namun realita memberikan gambaran yang menimbulkan pertanyaan, apakah pendidikan di Indonesia telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik?, apakah pendidikan telah berhasil mewujudkan manusia Indonesia yang dicita-citakan oleh seluruh rakyat Indonesia?. Tulisan ini mengkaji tentang pendidikan di Indonesia dari sisi “apa yang seharusnya dilakukan”, dan “apa yang telah terjadi”, serta “bagaimana seharusnya” pendidikan di Indonesia.


Keywords


pendidikan di Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alexander, Gregg. 2016. Reflection on the State of Multicultural Education in Historically White South African Schools. Int J Edu Sci, 13(1): 118-128 (2016).

Al Arifin, Akhmad Hidayatullah. 2012. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Volume 1, Nomor 1, Juni 2012.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2013). Kapitalisasi Pendidikan VS Pendidikan Populis: Peendekatan Kultural dan Modal Sosial dalam Membangun Masyarakat Terdidik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanum, Farida. 2013. Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Multikultural. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Ash-Shaff.

Halstead, J. Mark and Taylor, Monica J. 1996. Values in Education and Education in Values. The Falmer Press. London. Washington, D.C.

Hutchison, Eizabeth D. 2015. Dimensions of Human Behavior Person and Environment. Virginia Commonwealth University. Sage Publications, Incorporated.

Hulukati, Wenny. 2015. Pendidikan Karakter untuk Semua. Makalah Disajikan pada Forum FIP-JIP 2015. Universitas Negeri Gorontalo.

Kartadinata, Sunaryo. 2011. Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Kiat Mendidik sebagai Landasan Profesional Tindakan Konselor. Bandung. UPI Bandung.

Killen, Roy. 2000. Outcomes-Based Education: Principle and Possibilities. Faculty of Education, University of Newcatsle, Australia.

Malan, SPT. 2000. The ‘New Paradigm’ of Outcomes-Based Education in Perspective. Department of Teaching and Training Studies Faculty of Education University of Pretoria. Tydskrif vir Gesinsekologie en Verbruikerswetenskappe, Vol 28, 2000.

Prayitno, dkk. 2015. Pembelajaran Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Satuan Pendidikan. Pengembangan Manusia Seutuhnya. Panduan Teknis-Praktis-Operasional untuk Para Pelaksana Pelayanan BK di Satuan Pendidikan (Terutama Guru BK/Konselor). Paramitra Publishing.

Sinamo, Jansen. 2000. Strategi Adaptif Abad ke-21. Berselancar di Atas Gelombang Krisis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Saduloh, Uyoh. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugito. 2013. Pendidikan untuk Pencerahan dan Pemandirian Bangsa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujarwo. 2013. Mencerahkan Masayarakat Melalui Pendidikan Informal. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sahertian, Piet A. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta. Andi Offset.

Tilaar, H.A.R. 2007. Mengembangkan Ilmu Pendidikan Berdimensi Global di Indonesia. Disampaikan dalam Seminar Internasional dan Temu FIP/JIP se-Indoensia, Manado, 21 Agustus 2007. Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta.

Winarni. 2006. Reorientasi Pendidikan Nilai dalam Menyiapkan Kepemimpinan Masa Depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, tahun XXV, No. 1.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juntika. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : e-Proceedings, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com