MODEL HUSEMAS DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI DIKILI

Imam Mashudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model HUSEMAS dalam mempertahankan Tradisi Dikili di SMA Negeri 2 Gorontalo.  Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan Teknik pengmpulan data menggunakan Teknik Wawancara dan pelaksanaan FGD. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Model HUSEMAS dalam mempertahankan Dikili di SMA Negeri 2 Gorontalo dilakukan dengan mengambil program Ekstrakurikuler yang seyogyanya telah ditetapkan oleh DISPORA Provinsi Gorontalo khususnya Bidang Kurikulum Sekolah Menengah. Dengan memasukkan Ekstrakurikuler Dikili maka selanjutnya Wakasek Kurikulum di Setiap Sekolah khususnya SMA Negeri 2 Gorontalo akan menyerapkan program Ekstrakulikuler secara terjadwal yang kemudian akan dipilih oleh siswa berdasarkan peminatannya.


Keywords


HUSEMAS, Dikili

Full Text:

PDF

References


Baruadi, K. (2016). Tradisi Sastra Dikili Dalam Pelaksanaan Upacara Adat Maulidan di Gorontalo. El Harakah, 16(1).

Iriantara, Y. (2013). Pengelolaan HUMAS Sekolah. PT Remaja Rosda Karya.

Kamaruddin, M. dkk. (2021). Tradisi Maulid pada Masyarakat Muslim Gorontalo : Pertautan Tradisi Lokal dan Islam Maulid Tradition Among Gorontalo Muslim Community : The Link Between Local Tradition and Islam Muhammad Gazali Rahman. Potret Pemikiran, 25(1), 91–111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : e-Proceedings, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com