PARADIGMA BARU ILMU PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL (Analisi terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Guru di Era 4.0)

Reksiana Reksiana

Abstract


Suatu keniscayaan sistem pendidikan ditutut untuk berubah. Termasuk pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan perguruan tinggi. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi indistri 4.0 dosebut pendidikan 4.0. pada era ini pendidikan memiliki karakteristik yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyiber system). Metode yang dgunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis deskripstif. Tahapan data yang digunakan yaitu; Pertama, data yang didapatkan oleh penulis berupa dokumen, buku, jurnal, artikel otoritatif. Kedua, data yang didapatkan oleh peneliti adalah data pustaka yang bersifat “siap pakai” artinya peniliti tidak terjun langsung kelapangan karena peneliti berhadapan langsung dengan sumber data yang ada di perpustakaan. Ketiga menggunakan sumber primer dan sekunder. Keempat, bahwa kondisi data pustaka tidak dibatasi oleh runga dan waktu. Temuan dari penelitian ini, dapat membuktikan bahwa perlunya revolusi pada sektor pendidikan dan pembelajaran seperti perubahan pada media dan model pembelajaran di Era 4.0, dan diperlukan guru yang profesional; guru yang paham dengan pembelajaran Kurikulum 2013, guru yang mampu merespon perubahan pradigma pembelajaran ke arah Higher Order Thingking (HOTS), dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat tersebut untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.

Keywords


pendidikan, pembelajaran, digital

Full Text:

PDF

References


Buku:

Afandi dan Sajidan. Stimulasi Keterampilan Tingkat Tinggi. UNSPRESS. 2017.

Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK. Modul Strategi Pembelajaran, 2017.

Rosyada, Dede. (2017), Madrasah dan Profesionalisme Guru, dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Prenada Media, Jakarta.

Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemasiswaan. Buku Penduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

. Buku Penduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Jurnal/Internet:

Ernawati. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Resouce Based Learning Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII di SDN Pelesiran Bandung.” Lihat http://repository.unpas.ac.id/15900/5/BAB%20I.pdf (diakses pada tanggal 23 Juli 2018).

Ernawati. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Resouce Based Learning Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII di SDN Pelesiran Bandung. Lihat http://repository.unpas.ac.id/15900/5/BAB%20I.pdf (diakses pada tanggal 23 Juli 2018).

Fanani, Achmad dan Dian Kusmaharti. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS).” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar8, No.1 (2017) http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article. (diakses pada tanggal 23 Maret 2019).

Ibda, Hamidulloh. “Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0,” JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education1, No. 1, (2018) lihat http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1064 (diakses pada tanggal 12 Januari 2019).

Marsenda, Pisca Hana. “Makalah Higher Order Thinking Skill (HOTS).” Lihat https://www.academia.edu/38063769/MAKALAH_HIGHER_ORDER_THINKING_SKILL_HOTS. (diakses pada tanggal 12 April 2019). _

Muhali. “Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0, Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala, September (2019). Lihat http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Prosiding/article. (diakses pada tanggal 23 Maret 2019).

Nasir, Mohamad. “Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Lihat https://www.ristekdikti.go.id/kabar/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0-2/ (dikases pada tanggal 09 April 2019).

Paseleng, Mila C. dan Rizki Arfiyani. “Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Scholaria 5, No. 2, Mei (2015). Lihat http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/22 (diakses pada tanggal 12 April 2019).

Puspaningtyas, Nur Astuti. Skripsi: Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates. Lihat http://eprints.uny.ac.id/59666/1/Skripsi. (diakses pada tanggal 14 April 2019)

Puwanto, Edi. “Analisis terhadap Metode Pendidikan Menurut Alquran dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam: Ta’lim 13, No. 1 (2015), lihat http://jurnal.upi.edu/file/pdf (diakses pada tanggal 24 Oktober 2018).

Reksiana. “Model-model Pembelajaran Perspektif Higher Education Berorientasi pada Learning Outcomes (KKNI)” Jurnal El-Hikam21, No.2 (2018) lihat https://www.researchgate.net/publication/329969681_MODEL-Model_Pembelajaran_Perspektif_Higher_Education_Berorientasi_pada_LEARNING_OUTCOMES_KKNI. (diakses pada tanggal 12 April 2019).

Risdianto, Eko. “Kepemimpinan dalam Dunia Pendidikan di Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.” https://www.researchgate.net/publication/332423142_ANALISIS_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40 (diakses pada tanggal 12 April 2020).

Rochman, Yuli Agusti. “Penerapan Dicovery Learning sebagai Strategi Pembelajaran Mata Kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi,” Badan Pengembangan Akademik UII, (2015), http://bpa.uii.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/Rochman-Genap-14-15.pdf

Seminar Nasional Asosiasi Dosen Inodenia (ADI). “Digitalisasi Pembelajaran: Inovasi Perguruan Tinggi di Era 4.0”. Keynote Speaker oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaa Kemeristekdikti. Kinanti Building Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan (tanggal 22 Desember 2018).

Sriharyanti, Riska. Skripsi: “Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Siswa Kelas V Tema 6 Subtema 2 Di Sd Negeri 2 Labuhan Ratu”. Lihat http://digilib.unila.ac.id/ PEMBAHASAN.pdf (diakses pada tanggal 16 Maret 2019).

Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Buku Penduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

. Buku Penduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.

Dermawan, Jon. “Menjadi Guru Era Pendidikan 4.0,” lihat https://aceh.tribunnews.com/2018/11/27/menjadi-guru-era-pendidikan-40 (diakses pada tanggal 12 Juni 2019).

Effendy, Muhajir. “Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pada Upacara Hari Guru Nasional, 25 November 2018,” lihat https://setjen.kemdikbud.go.id/setjen/files/Sambutan%20HGN%202018.pdf (diakses pada tanggal 12 Mei 2019).

Zustioantoro, Dhoni. "Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Tantangan Guru Makin Kompleks.” lihat http://ppg.ristekdikti.go.id/seminar-nasional-peluang-dan-tantangan-guru-masa-depan/ (diakses pada tanggal 12 Mei 2019).

Yunus, Syarifudin “Mengkeritisi Kompetensi Guru,” lihat https://news.detik.com/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru (diakses pada tanggal 14 Mei 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : e-Proceedings, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com