STUDY OF BUILDING MASS ARRANGEMENTS IN TAHFIDZ PRENEUR ISLAMIC BOARDING SCHOOL AREA QUR'AN CENDEKIA

Andiyan Andiyan, Siti Maryam Fauziah

Abstract


Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan sistem asrama. Tujuan Penelitain memperhatikan Lingkungan dan sosial pesantren harus menjadi tempat yang nyaman untuk para santri untuk belajar karena semua kegiatan di lakukan di dalam pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai objek yang diteliti.Hasil penelitian ini dimana Penerapan konsep Arsitektur Ekologi pada Lingkungan dan social Pesantren Tahfidz Preneur Kampoeng Qur’an Cendekia dapat di lihat dari pengunaan bahan pada bangunan asrama para santri yang menggunakan kayu dan bamboo sebagai bahan utama, tatanan bangunan dengan memaksimalkan penggunaan kontur, dan juga orientasi bangunan.Kesimpulan Pesantren Tahfidz Preneur Kampoeng Qur’an Cendekia merupakan salah satu pesantren di daerah Parompong Bandung Barat dengan penerapan konsep Arsitektur Ekologi.


Keywords


Pesantren, Ekologi, Iklim, Orientasi, Lingkungan, Arsitektur

Full Text:

PDF

References


Adam, Muhammad, & Rinnarsuri, Dwi. (2020). Penerapan Konsep Arsitektur Ekologi

Pada Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Di Kota Kendari. GARIS Jurnal Mahasiswa

Jurusan Arsitektur, 5(2).

Andiyan,Nurrisman, Okki. (2021). Implementation of the New Function of the Sarinah

Braga Building ( Hotel De Braga By Artotel ). Solid State Technology, (7). Retrieved

from https://www.solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/10569

Arfan, Taufik, Ersina, Sriany, & Irham, Irham. (2016). Redesain Kawasan Pondok

Pesantren Sultan Hasanuddin Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Nature:

National Academic Journal of Architecture, 3(1), 81–90.

Azhima, Farah Fauzan, Wisnu Setiawan, S. T., & Arch, M. (2019). Redesain Pondok

Pesantren Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta dengan Pendekatan Konsep Ekologis.

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Charistin, Naila Woro Murtini, Titien, & Bagus Pribadi, Septana. (2016). SMP Dan SMA

Boarding Al-Adzkar Di Tangerang Selatan. Fakultas Teknik Undip.

Ching, DK. (2008). Architecture: Space & Order. Bandung: Erlangga.

Digna, Ifannisa, Nur Rahmawati, S., & Yayi Arsandrie, S. T. (2016). Redesain Pondok

Putri Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Sukoharjo (Dengan Pendekatan Ekologi

Arsitektur). Universitas Muhammadyah Surakarta.

Ernst, Neurfert. (2002). Data Arsitek jilid 2. In Erlangga (Vol. 4). Retrieved from

http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Hamdi, Nadiyah. (2016). Perancangan Eco-Islamic Boarding School Di Sokaraja.

Universitas Gadjah Mada.

Ibrahim, Muhammad. (2016). Perancangan wisata edukasi olahraga Islam (berkuda,

berenang dan memanah) di Kota Wisata Batu: Tema arsitektur ekologi. Universitas

Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Irwan, Siti Nurul Rofiqo, & Hasanbahri, Soewarno. (2012). Fungsi Vegetasi Pada Ruang

Hijau Dan Hutan Kota Untuk Pengembangan Lanskap Eco Pesantren Studi Kasus:

Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Makalah Prosiding Seminar UMS.

Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. jakarta: INIS XX.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Nisa, Lutfia Brilian. (2017). Eco-Pesantren Tahfidzul Qur’an Di Boyolali Dengan

Pendekatan Arsitektur Ekologi.

Nuraeni, Effih. (2012). Konsep Arsitektur Ekologi pada Pondok Pesantren Al-Amien

Putra di Kabupaten Sumenep. Universitas Brawijaya.

Prianto, Eddy, Sujono, Bambang, & Dwiyanto, Agung. (2019). Aplikasi Rancangan

Green Pesantren Di Semarang. Jurnal Riptek, 11(1), 81–98.

Reiza, Ikhwan, & Wibowo, Heru. (2017). Penerapan Vegetasi Pada Bangunan Studi

Kasus: Desain Model Asrama Eco-Pesantren. Jurnal Arsitektur ARCADE, 1(2), 52–

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV.

Alfabeta.

Tiaratanto, Excya,Affandi,Kemal, Andiyan. (2021). Bangunan konvensi dan eksibisi

bandung. Jurnal Arsitektur Archicentre, (126), 1–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.843-850.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id