Pendekatan Kontekstual Pada Kemampuan Penalaran Matematika Di Kabupaten Banggai

Patima M Usman

Abstract


Salah satu kenyataan yang sering hadir pada pembelajaran matematika adalah
bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakn dewasa ini lebih cenderung pada
pencapaian target materi atau sesuai isi materi buku yang digunakan sebagai buku wajib dengan berorientasi pada soal-soal ujian nasional. Akibatnya doing math seprti
Kemampuan penalaran matematika yang seharusnya mendapat perhatian sering
terabaikan. Fenomena ini mendorong kita untuk melihat faktor-faktor yang
mempengaruhi pembelajaran matematika khususnya pada Kemampuan penalaran
matematika. Berkaitan dengan hal tersebut di atas maka masalah yang akan dikaji dalam pengabdian ini adalah pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematika. Pengabdian ini merupakan pengabdian kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun yang menjadi populasi dalam pengabdian ini adalah seluruh Peserta didik SMK Daerah Luwuk dan Sampel dalam pengabdian ini adalah peserta didik kelas X SMK Daerah Luwuk yang berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengabdian adalah Observasi Dokumentasi, Penyebaran Angket dan Tes. Dalam hasil pengabdian ini diperoleh bahwa ada pengaruh yang kuat dan signifikan antara pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik di SMK Daerah Luwuk, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,7244 dan koefisien determinasi sebesar 52,47 % serta hasil uji signifikansi korelasi sebesar 4,8152.


Keywords


Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Penalaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, suharsimi.2012. prosedur pengabdian suatu pendekatan praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Farida T, S.Pd, M.Pd. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Kontekstual

Sulawesi Selatan : Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan

Nurhadi, ddk 2003, Pembelajarn Kontekstual dalam KBK, Malang: UM Press Soedjadi,

R., Kiat Pembelajaran Matematika di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral

Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 1999/2000.

Sanjaya Wina, M.Pd. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan,

Jakarta : Kencana.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Suriasumartini.(1999:42).Kemampuan Penalaran Matematika

Http://digilib.ump.ac.id/files /diskI/II/jhptump-a-khozinatul-503-2-

babii.pdf.(Diakses Pada Tanggal 10 Maret 2015)

Shadik, Fajar (dalam Wardhani).(2008:11).Kemampuan Penalaran Matematika.

Http://digilib.ump.ac.id/files /diskI/II/jhptump-a-khozinatul-503-2-

babii.pdf (Diakses Pada Tanggal 15 Maret 2015)

Trianto, M.Pd.2011 . Pengantar Pengabdian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi

Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Jakarta : Kencana Prenada

Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.1.3.107-110.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dikmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id