Konsultasi Desain Rencana Pengembangan MDTA An-Nuur Pada Yayasan An-Nuur

Andiyan Andiyan, Husna Izzati, Shendy Irawan, Nutrian Galupamudia, Wowo Adizar Darwin

Abstract


Keberhasilan pembangunan suatu bangsa sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM). Tanpa SDM yang berkualitas mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam segala bidang kehidupan. Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Dalam metode  ini peneliti membagi penelitian menjadi 3 tahapan, Tahap Persiapan Penelitian, Tahap Pelaksanaan Penelitian, dan Tahap akhir. ada tahap persiapan penelitian peneliti melakukan observasi, mengindentifikasi masalah,menetukan rumusan masalah, dan mengumpulkan studi literatur sebagai acuan di lanjutan dengan tahap pelakasanaan penelitian pada tahap ini peneliti melakukan survei lokasi, dokumentasi, dan analisa variable penelitian dan tahap akhir adalah mengumpulkan data ,mengolah data, menganalisa dan menarik kesimpulan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, Ruang Kelas Baru (RKB) dan meubelair yang permanen, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di madrasah tersebut. Mencermati harapan-harapan diatas dan melihat kondisi riil Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awaliyah An - Nuur yang sudah berkiprah selama 29 Tahun dalam membina dan mendidik para siswa sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Kami merasakan tantangan yang sangat berat, sementara kondisi sarana dan prasarana yang ada memprihatinkan. kegiatan PKM ini bermaksud untuk membantu dalam penyampaian gagasan untuk keperluan proposal bantuan dana untuk pengadaan ruang kelas baru (RKB) dan meubelair di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awaliyah An - Nuur, berikut melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, sehingga Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awaliyah An - Nuur di harapkan tidak tertinggal oleh madrasah-madrasah setingkatnya, dan mampu menyongsong tantangan kehidupan di masa depan yang lebih kompleks dan berat.


Keywords


SDM; Madrasah Diniyyah; Takmiliyyah Awaliyah; fundamental

Full Text:

PDF

References


Abdushoma, Adib. 2006. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Badrudin, Badrudin, Neng Gustini, and Cep Ilyas Amirulloh. 2021. “CORRELATION OF FINANCING MANAGEMENT TOWARDS THE QUALITY OF EDUCATION IN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH IN BANDUNG DISTRICT.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2):96–104.

Daulay, Haidar Putra. 2001. Historisitas Dan Efisiensi Pesantren Sekolah Dan Madrasah. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Haedari, Amin, and Ishom El-Saha. 2004. “Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren Dan Madrasah Diniyah.” Jakarta: Diva Pustaka 39.

Haedari, M. Amin, and Abdullah Hanif. 2006. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan Modernitas Dan Tantangan Kompleksitas Global. Ird Press.

Hakim, Rosniati, Mahyudin Ritonga, and Wetti Susanti. 2020. “Implementation of Contextual Teaching and Learning in Islamic Education at Madrasah Diniyah.” Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems 12.

Hidayah, Ulil, and Benny Prasetiya. 2019. “Multicultural Education in Madrasah Diniyah as Prevention of Religious Conservatism.” Jurnal Tarbiyah 26(1).

Ibrahim. 1986. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikhrom, Ikhrom, Mahfud Junaedi, and Ahmad Ismail. 2019. “Contribution Index Of Madrasah Diniyah To The Character Education.” Analisa: Journal of Social Science and Religion 4(1):141–63.

Irawan, Kukuh Adi, Hisam Ahyani, Ahmad Jafari, and Achmad Rofik. 2021. “Peran Madrasah Diniyah An Nur Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan.” Fitrah: Journal of Islamic Education 2(1):52–65.

Istiyani, Dwi. 2017. “Tantangan Dan Eksistensi Madrasah Diniyah Sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia.” Edukasia Islamika 127–45.

Moleong, Lexy J. 2007. Qualitative Research Methodology. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Musodiqin, Muhammad, Difla Nadjih, and Taufik Nugroho. 2017. “Implementasi Sorogan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 7(1):59–71.

Nizah, Nuriyatun. 2016. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11(1).

Salahuddin, Marwan. 2012. “Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 10(1):45–58.

Sugiyono. 2005. Understanding Qualitative Research. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Qualitative Quantitative Research Methods and R&B. Bandung: CV. Alfabeta.

Syahr, Zulfia Hanum Alfi. 2016. “Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 3(1):47–65.

Syifa, Ainus, and Casmini Casmini. 2021. “Assesment of Curriculum Development Needs At Madrasah Diniyah Formal.” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(3):118–28.

Uhbiyati, Nur. 2005. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1095-1110.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id