Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Marisa

Yukin Hilala

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi melalui penerapan pembelajaran bermain peran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian pada tabel 4.5 bahwa hasil observasi ada siklus I tentang prestasi belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 67,30 sedangkan ketuntasan belajar siswa adalah 71,79 %. Disamping itu hasil observasi tentang Motivasi siswa selama proses belajar berlangsung sepserti yang termuat pada tabel 4.3 diperoleh bahwa kategori motivasi siswa dalam pembelajaran siklus I tergolong cukup kreatif. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru selama proses berlangsung tergolong baik dengan rata-rata skor sebersar 3,83. ketuntasan yang diharapkan belum tercapai, oleh karena itu perlu adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada tabel 4.5 bahwa hasil observasi pada siklus II tentang prestasi belajar siswa menunjukkan niali rata-rata siswa adalah 70,64 sedangkan ketuntasan belajar siswa adalah 87,17 %. Disamping itu hasil observasi tentang motivasi siswa selama proses belajar berlangsung seperti yang termuat pada tabel 4.3 diperoleh bahwa kategori motivasi siswa dalam pembelajaran siklus II tergolong sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 4,00. Ketuntasan yang diharapkan sudah mencapai batas ketuntasan yang ditetapkan yaitu minimal 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai 65. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan babwa penerapan strategi pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran biologi tentang ekosistem dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan rata-rata 67,30 siklus I dan 70,64 siklus II, sedangkan ketuntasan klasikalnya 71,79 % siklus I dan 87,17% siklus II.

Keywords


Pembelajaran role playing, motivasi, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cifta, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Damayanti, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarata : Rineka Cifta.

Depdiknas, 2006, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta.

Djamarah, B.S. 1994, Prestasi Belajar Mengajar dan Kompetensi Guru, Surabaya

: Usaha Nasional.

Furchan, Arif, 2004, Pengantar Penelitian Dalam Penelitian, Yogyakarta : Pustaka

Belajar.

Hadi dan Haryono, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia

Setia.

Hamalik, 2006, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Bina Alksara.

Lisnawati, 1997, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru.

Moleong, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Rajawali

Rosdakaraya.

Nurkencana, W, 1990, Evaluasi Pendidikan, Surabaya : Usaha Naional.

Sardiman, 1990, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.

Rajagrafindo.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka

Cifta.

Sudjana, 2005, Metode Statistik, Bandung ; Taristo.

Suryabrata, 2003, Metodologi Penelitian Ilmiah, Bandung : Pustaka Setia.

Syah, M, 2001, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rajawali Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.703-710.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id