Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik IPS SD Dalam Membangun Keterampilan Sosial Siswa SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo

Elmia Umar

Abstract


Pendekatan konstruktivistik dapat digunakan oleh guru IPS dalam mengembangkan materi ajar dikelas. Selama ini pengajaran IPS di sekolah masih menggunakan pendekatan tradisional seperti ceramah, diskusi,dan lain-lain, serta lebih menekankan pada aspek-aspek kognitif dan mengabaikan keterampilan-keterampilan sosial. Menurut Brook and Brook, kemandirian dan inisiatif akan mendorong siswa yang berinsiatif untuk menghubungkan gagasan dan konsep. Siswa yang beinisiatif untuk mengajukan pertanyaan dan mengemukakan isu-isu mengenai materi pelajaran dan kemudian mencobanya untuk menjawab sendiri pertanyaan itu serta menganalisisnya menjadikan dia sebagai pemecah masalah serta lebih penting lagi sebagai peneganalisisnya. Guru dalam mengevaluasi keberhasilan belajar tidak hanya berdasarkan pada hasil test, tetapi harus dilakukan secara menyeluruh meliputi berbagai aspek yang ditampilkan siswa saat kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Salah satu model evaluasi yang digunakan adalah Portofolio. Guru IPS yang melakukan evaluasii proses belajar konstruktivistik dan dengan menggunakan portofolio harus mampu mencatat kemampuan dan keterampilan-keteranpilan yang dikembangkan siswa dalam KBM.

Keywords


Konstruktivistik, keterampilan sosial

Full Text:

PDF

References


Clark, leonard H. (1973). Teaching Social Studies In Secondary. USA: Macmillan Publishing Co.

Departemen Pendidikan Nasional (2001). Bahan sosialisasi Pengembangan Kurikulum Berbasis Kemampuan Dasar Sekolah Menengah Umum. Jakarta.

Depdikbud RI. (1994). Kurikulum Sekolah Umum: GBPP Mata Pelajaran Sejarah Nasional dan Umum. Jakarta: Depdikbud RI.

Depdiknas RI. (2003). Kurikulum Bidang Studi: Pengetahuan Sosial. Jakarta: Balitbang Diknas.

Hasan, Said Hamid. (1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Dirjendikti, Depdikbud RI.

Miller & Seller. (1995). Curriculum, Perspektive, and Pranctice. New York: Continuum

NCSS. (1994). Expectation of Excellence: Curriculum Standars for Social Studies: Washington D.C.: Library of Congress

Schubert, William F.: (1986). Curriculum, Perspective, Paradigma, and Possibillity. New York: Macmillan Publishing Company.

Supriatna, Nana. (1997). Sikap Guru-guru Mainstream Anglo-Astrali dalam Mimbar Pendidikan, No. 1, Th XV1. Bandung: IKIP Bandung Press.

Supriatna, Nana. (2007). Konstuksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Bandung: Histroria Utama Press

Soemantri, Numan (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Rosda, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.2.593-604.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnaldikmas@ung.ac.id