PEMBELAJARAN DI ERA 5.0

Sulastri Harun

Abstract


Makalah ini adalah hasil kajian pustaka dari berbagai sumber seperti buku digital, dokumen jurnal dan laporan yang ada di internet yang berkaitan dengan dengan pembelajaran di era society 5.0. dimana era ini kompetensi kecakapan yang dibutuhkan oleh siswa adalah kecakapan yang ada di abad 21 yakni seperti yang dikonsepkan Trilling dan Fadel (2009) bahwa kecakapan abad 21 terdiri tiga jenis kecakapan utama, yaitu: (1) life and career skills, (2) learning and innovation skills, dan (3) information media and technology skills. Kecakapan abad 21 yang disosialisasikan oleh Dirjen Dikdasmen Kemendikbud (2017) terdiri empat jenis kecakapan, yaitu: (1) keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill) (2) kecakapan berkomunikasi (Communication Skills), (3) kreativitas dan inovasi (Creativity and Innovation), (4) kolaborasi (Collaboration). Kompetensi kecakapan abad 21 tersebut perlu dibelajarkan kepada peserta didik di sekolah dalam rangka menghadapi tantangan dan tuntutan kehidupan era society 5.0. Pembelajaran kompetensi kecakapan abad 21 dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran berparadigma konstruktif, berpusat pada peserta didik dan berbasis eksperimen, yaitu: inquiry training, inquiry jurisprudensi, group investigation dan project based learning.

Tujuan makalah ini adalah sebagai sarana berbagi informasi kepada para pendidik untuk melakukan kegiatan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan agar kompetensi keprofesian yang dimiliki tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, sehingga pendidik dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta mengembangkan model pembelajaran yang bermutu relevan dengan kebutuhan zaman. Makalah ini berisi dua pokok bahasan, yakni peradaban society 5.0, dan model pembelajaran peradaban society 5.0 yang sejalan dengan kompetensi kecakapan abad 21.



Full Text:

PDF

References


Eng. Ansarullah Lawi. 2019. Society 5.0 Solusi Masa Depan Dunia, diakses 15 November 2021; tersedia pada

http://hotnewsbatam.com/2019/02/19/society-5-0-solusi-masa-depan-dunia/,

Fatur Rahman. 29 Januari 2019. Society 5.0: Konsep Peradaban Masa Depan, diakses 15 November 2021; tersedia pada

https://medium.com/hmif-itb/society-5-0-konsep-peradaban-masa-depan-d1b29ebbac9e

Steve . 12/07/2019. Mengenal Perkembangan Peradaban Society 1.0 Hingga Society 5.0. Line todays [Internet]. diakses 15 November 2021; Tersedia pada

https://today.line.me/id/pc/article/Mengenal+Perkembangan+Peradaban+Societ y+1+0+Hingga+Society+5+0-nLxlyo

Sumarno, S. (2019). Pembelajaran Kompetensi Abad 21 Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272-287. Retrieved from

http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28

Tempo. 29 Januari 2019. Mengenal Visi Jepang Society 5.0: Integrasi Ruang Maya dan Fisik, diakses 15 November 2021

Tersedia pada https://dunia.tempo.co/read/1245855/topan-faxai-putus-pasokan-listrik-hampir-1-juta-rumah-di-jepang

Trilling, B & Fadel, C. 2009. 21st-century skills: learning for life in our times. US: Jossey-Bass A Wiley Imprint.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.