MEMBANGUN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI FLIPPED CLASSROOM DI MASA NEW NORMAL COVID-19

Wiwik Dwi Hastuti

Abstract


Pada masa pandemic covid-19 ini pembelajaran dilakukan secara daring demi memutus penyebaran covid-19, sehingga peserta didik dituntut untuk dapat lebih mandiri dalam belajar dan memiliki motivasi untuk belajar karena pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Pada masa ini motivasi dan kemandirian belajar merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh peserta didik demi tercapainya kompetensi secara optimal, namun nyatanya motivasi dan kemandirian peserta didik dalam belajar masih kurang begitu baik, mengingat pentingnya sikap ini dan dihadapkan pada situasi yang sulit akibat covid-19 maka pendidik sudah seharusnya melaksanakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi terbentuknya kemandirian belajar. Salah satu bentuk pembelajaran yang mampu mengembangkan motivasi dan kemandirian belajar peserta didik adalah flipped learning dengan metode flipped classroom, pembelajaran ini dilaksanakan secara terbalik dengan memadukan pembelajaran secara daring dan juga tatap muka. Bentuk pembelajaran ini memungkinkan peserta didik dapat belajar secara efektif dan efesien, lebih mudah mengakses materi ajar, dan pada akhirnya meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar peserta didik karena belajar dilakukan secara mandiri.


Full Text:

PDF

References


Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in theflipped classroom: definition, rationale and a call for research. Higher Education Research & Development.

Adhitiya, E. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451

Bergmann, J., dan Sams, A. (2012). Flip Your Classroom : Reach Every Student in Every Class Every Day. USA: Courtney Burkholder.

Brophy, J. (2010). Motivating Students to Learn (3th Ed). In Routledge, Abingdon-on-Thames.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Classroom Dengan Video Tutorial Pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 20. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.772

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Daniela, P. (2015). The relationship between self-Regulation, motivation and performance at secondary school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 2549–2553.

Dradeka, S. A. (2018). Academic self-regulation: Its spread and obstacles from the point of view of undergraduate students in Saudi Arabia. Journal of Al-Quds Open University for Educational and Psychological Research and Studies, 9, 150–162.

El-Adl, A & Alkharusi, H. (2020). Relationships between self-regulated learning strategies, learning motivation and mathematics achievement. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(1), 104-111.

Firman &Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2), 81-89.

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. Https://Doi.Org/10.1016/j.Sbspro.2015.04.905.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Spinger.

Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating Students’ Perceptions of Motivating Factors of Online Class Discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 148–172. Https://Doi.Org/10.19173/Irrodl.V18i5.2883.

Lepper, M. R., Corpus, J. H., &, & Iyengar, S. S. (2005). Intrinsic and Extrinsic Motivational Orientations in the Classroom: Age Differences and Academic Correlates. Journal of Educational Psychology, 97(2), 184–196. Https://Doi.Org/10.1037/0022-0663.97.2.184.

Lin, Y.-M., Lin, G.-Y., &, & Laffey, J. M. (2008). Building a Social and Motivational Framework for Understanding Satisfaction in Online Learning. Journal of Educational Computing Research, 38(1), 1–27. Https://Doi.Org/10.2190/EC.38.1.A.

Lioe, L. T., Teo, C. W., & C.L, and Lee, S. (2013). Asseing the effectiveness of Flipped Classroom Pedagogy in promoting students learning experience. Human Computr Interaction – Nanyang Girl’s High School Education Seminar.

Maher, M. L., Latulipe C., Lipford H., & R. A. (2015). Flipped Classroom Strategies for CS Education. SIG CSE 115 Proceeding of the 46th ACM Technical Sympsosum on Computer Science Education, Halaman 218-223.

McLaughlin, J. E., Roth, M. T., Glatt, D. M., Gharkholonarehe, N., Davidson, C. A., Griffin, L. M., & Mumper, R. J. (2014). The flipped classroom: A course redesign to foster learning and engagement in a health professions school. Academic Medicine, 89(2), 236-243.

Misdalina, Ningsih, Y.L., M. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGRI 2017. 858-861. PGRI: Palembang.

Novi Ayu Ambarwati. (2015). FLIPPED CLASSROOM BERMEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ANAK AUTIS. In SKRIPSI. UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA.

Ranti, M.G, E. al. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83.

Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 51–60. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1380

Rindaningsih, I., Hastuti, W. D., & Findawati, Y. (2019). Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 41. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2452

Samir Abou El-Seoud, M., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., Nosseir, &, & A. (2014). E-learning and Students’ Motivation: A Research Study on the Effect of Elearning on Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 9(4), 20–26. Https://Doi.Org/10.3991/Ijet.V9i4.3465.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. In Jakarta: Prenada Media Group.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sardiman, A. . (2000). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. In Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Schunk, D. H., & Usher, E. L. (2012). Social Cognitive Theory and Motivation The Oxford handbook of Human Motivation (In RM Ryan). In Oxford University Press.

Selvi, K. (2010). Motivating Factors in Online Courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824. Https://Doi.Org/10.1016/j.Sbspro.2010.03.110.

Simanulang, B. (2017). Mengembangkan kemandirian belajar, kepercayaan diri, dan pengaruhnya terhadap Kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Widya Eksakta, 1(1),62-69.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan Kemandirian belajar terhadap Hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39.

Uno., H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.