PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PAUD MENARA ILMU DI LIMBOTO

Dewi Ishak, Abdul Rahmat, Mohammad Zubaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan gambaran yang tepat mengenai pelaksanaan pengembangan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Paud Menara Ilmu Kelas B yang valid, praktis dan efektif, dan (2) Untuk memperoleh produk yakni Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini di Paud Menara Ilmu Kelas B yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Researchand Development atau R & D) model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analisis, (2) Design, (3) Develompent, (4) Impelementasi (5) Evalution. Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada PAUD Menara Ilmu yang dikembangkan adalah: (1) kevalidan, dimana Buku Panduan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini memiliki validitas rata-rata 3,40 (kategori valid), Program Semester memiliki validitas rata-rata 3,51 (kategori sangat valid), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) memiliki validitas rata-rata 3,47 (kategori valid), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) memiliki validitas rata-rata 3,76 (kategori sangat valid). (2) Kepraktisan model pembelajaran, dianalisis dengan menggunakan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran diperoleh percentage of agreement (PA) sebesar 100%, nilai rata-rata pada 4 guru sentra berada dalam kategori “baik” sedangkan untuk lembar pengamatan aktifitas guru pada  sentra bahan alam berada dalam kategori “baik” dan (3) Keefektifan, dimana Buku Panduan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam melalui Pendekatan Saintifik pada PAUD Menara Ilmu Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sesuai dengan penilaian guru dikatakan efektif karena ≥ 80% guru memberikan respon positif “sangat baik”yaitu sebanyak 100% guru.

Full Text:

PDF

References


Aina Mulya, 2015. Model Pembelajaran dan Model Pengelolaan Pembelajaran, diakses melalui, http://ainamulyana.blogspot.co.id/2015/02/model-pembelajaran-dan-model.html, tanggal 21 Desember 2019

Badan Pembinaan Taman Kanak-kanak Islam Indonesia (BPTKI) dan Dewan Mesjid Indonesa (DMI), 2013. Panduan Pembelajaran PAUD Berbasis Masjid Model Sentra. Jakarta: Penerbit Chateda.

Chaeruman, 2008. Mengembangkan Sistem Pembelajaran dengan Model ADDIE Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Hosnan M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013 . Cetakan Kedua. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Mansur, 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nofrianto Sulung, 2008. The Golden Teacher 7 Poin Menjadi Guru yang Memikat Hati. Depok : PT.Lingkar Pena kreatif.

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika Yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Unesa

Prastowo Andi, 2015. Pembelajaran Konstruktivistik – Scientific Untuk Pendidikan Agama Di Sekolah/Madrasah Teori, Aplikasi dan Riset. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Retno Sundari dan Wismiarti, 2014. Panduan Pendidikan Sentra untuk PAUD Sentra Bahan Alam. Jakarta Timur : Sekolah Al-Falah.

Reyzal Ibrahim, 2011. Model Pengembangan ADDIE, diakses melalui http:// Jurnalpdf.info/model-pengembangan-addie.html tanggal 21 Desember 2019.

Sugiyono, 2013. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke-23. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukarjo M dan Ukim Kamaruddin, 2013. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Cetakan Kelima. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Trianto, 2010, Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas, Jakarta, Cerdas Pustaka Publisher.

Wiwin yuli astutik 2016 peningkatan kemampuan guru Dalam penerapan model pembelajaran sentra Melalui supervisi akademik ILMU PENDIDIKAN, VOLUME 1 NOMOR 2, DESEMBER 2106: 92-98

Yusuf Fatmawaty, 2015. Pengembangan Model Pemblajaran Sentra Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Taman Kanak – Kanak Kelas A. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.