IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA TOLANGOHULA

Kati Payuyu, Abdul Rahmat, Abdul Rahmat, Abd Hamid Isa, Abd Hamid Isa

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui  peranan metode bercerita dengan media boneka tangan serta big book dan harga diri dalam meningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan karena banyak anak yang memiliki kemampuan berbicara yang rendah. Penelitian dilaksanakan di TKNEGERI PEMBINA TOLANGOHULA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan design penelitian treatment by level 2 x 2. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengisian angket dan lembar observasi. Pengujian persyaratan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, uji normalitas menggunakan teknik uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan teknik uji barlett sedangkan untuk menentukan hipotesis dalam penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur 2x2. Hasil dari penelitian ini yaitu metode bercerita menggunakan media boneka tangan dan big book serta harga diri dapat meningkatkan  kemampuan berbicara anak.

Full Text:

PDF

References


Adriana, E., Alamsyah Syachruroji, .., & F.Sumirat. (2017). Natural Science Big Book with Baduy Local Wisdom Base Media Development for Elementary School. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Ali Fakrudin, A. U. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan pada Tema Lingkungan di Kelas II SD Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan.

Alwisol. (2014). Psikolog Kepribadian. Malang: UMM Press.

Andini, N., & Supardi. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Teks deskripsi dengan menggunakan Media Big Book di Kelas I Makkah MI AlKhairiyah Pipitan. Ibtida'i volume 2.

Berecz, J. M. (2009). Theorities of Personality A Zonal Perspective. Boston: Pearson Education, Inc.

Bouchareb, N. (2015). The Role of Foreign Language learner'sSelf Esteem in Enhancing their Oral Performance. Express an International Journal of Multi Displinary Research.

Boyd, D., & Bee, H. (2006). Lifespan Development. Boston: Pearson Education, Inc.

Brenecke, J., & Amick, R. G. (1978). Psychology and Human Experience. London: Collier Macmillan Publisher.

Byrnes, P. (2009). Language and Literacy Development. New York: The Guiford Press.

Cockburn, A., & Handscomb, G. (2013). Teaching Children 3-11 a student's quide. London: Sage Published Ltd.

Dickinson, R., Jonothan, N., & Shenton, P. S. (2006). Improve Your Primary School Through Drama. Great Britain: David Fulton Publisher.

Fitriana. (2017). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Big Book pada siswa kelas IIIB SD Negeri Jageran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.