STRATEGY MODEL FOR CHARACTER EDUCATION THROUGH DIGITAL MEDIA FOR COURSES AND TRAINING PARTICIPANTS

Hadion Wijoyo, Agus Leo Handoko, Ruby Santamoko, Denok Sunarsi

Abstract


Anak yang unggul dalam karakter akan mampu menghadapi segala persoalan dan tantangan dalam hidupnya. Ia juga akan menjadi seseorang yang lifelong learner. Pada saat menentukan metode pembelajaran yang utama adalah menetukan kemampuan apa yang akan diubah dari anak setelah menjalani pembelajaran tersebut dari sisi karakternya. Apabila kita ingin mewujudkan karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka sudah menjadikan kewajiban bagi kita untuk membentuk pendidik sukses dalam pendidikan dan pengajarannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini kuantitatif deskriftif dengan pengisian instrumen berupa kuesioner, observasi secara langsung terhadap sasaran serta wawancara yang berkaitan dengan Pengembangan Model Pembelajaran. Pandangan instruktur bahwa perlunya pendidikan karakter menjadi salah satu indikator kelulusan menjadi penting karena dalam menyiapkan daya saing SDM perlunya kesiapan Skill, Knowlande dan Attitude sebagai paket penting penilaian kelulusan.

Full Text:

PDF

References


Amin Ahmad, Etika (Ilmu akhlak), Jakarta: Bulan Bintang, 1995

Degeng, S Nyoman, Taksonomi Variabel , Jakarta : Depdikbud, 1989.

Departemen Agama, Kendali Mutu,Pendidikan Agama Islam ,Jakarta : Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam,2001.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta: Kemendiknas 2010.

Gunanjar Ari Agustian, Rahasia Membangkitkan emosional Spiritual Quetiont Power, Jakarta: Arga,2006.

Hasan, S. Hamid, Pendekatan Multikultural untuk Penyempurnaan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya , 2000.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter, (Konsep dan Implementasi), Bandung: Alfabeta, 2012.

Joni, T. Raka, Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Dirjen Dikti Bagian Proyek PPGSD, 1996.

Majid Abdul, Pendidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Munir Abdullah, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pedagogia, 2010.

Mulyana, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

N. Sudirman, Ilmu pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Nurhadi, Burhan Yasin, Agus Genad Senduk, Pendekatan Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang:Universitas Negeri Malang, 2004.

Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

Trianto, Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2009.

Virsya Norla, Panduan Menerapkan Pendidikan karakter Di sekolah, Jakarta:Laksana, 2011.

Waridjan. Tes Hasil Belajar Gaya Objektif. Semarang: IKIP Semarang Press, 1991.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan – Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal – Kementerian Pendidikan & Kebudayaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.