MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 12 GORONTALO

Yopi H. Bano

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam rangka mewujudkan guru yang profesional perlu adanya kegiatan peningkatan kompetensi guru. Adapun cara meningkatkan kompetensi guru dapat melalui beberapa cara seperti menerapkan fungsi pengembangan, pembinaan, kompensasi dan fungsi pengawasan (supervisi). Tujuan penelitian adlaha untuk mendeskripsikan: 1). Implementasi kompetensi supervisi akademik; 2).Kendala yang dihadapi, solusi yang dilakukan, dan dampak pelaksanaan supervisi di SMP Negeri 12 Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervise akademis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perencanaan pembelajara, menyususn adminstrasi penilaian pembelajaran dan proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian perencanaan pembelajaran dari 12 aspek yang dinilai rata-rata hasil penilaian perencanaan pembelajaran sebesar 88.60 % atau sudah termasuk kualifikasi baik. Supervisi administrasi penilaian pembelajaran dari 10 aspek yang dinilai rata-rata hasil penilaian administrasi pembelajaran sebesar 86.25 % atau sudah termasuk kualifikasi baik. Supervisi proses pembelajaran atau penilaian kunjungan kelas dari 5 aspek yang dinilai aspek pendahuluan, aspek eksplorasi, aspek elaborasi dan aspek penutup, masing-masing berturut-turut memperoleh 90 %, 81.94 % 83.02 % 84.95 % dan 80,56 %.  Rata-rata hasil penilaian kunjungan kelas sebesar 84.10 % atau sudah termasuk kualifikasi baik. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa supervisi  akademik yang dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan umpan baliksudah berjalan degan baik. Supevisi Administrasi dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru.


Keywords


Kompetensi pedagogik guru dan supervisi akademis

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter : Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Danim Sudarwan Dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen PMPTK. 2012. Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Kevin Wu. 2010. Quality Implementation. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lantip Diat dan Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Masaong, H.A. Kadim, 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung. Alfabeta

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1998. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Mulyana, A.Z. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Surabaya : Grasindo

Ngalim Purwanto, 2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakraya,

Nur Aedi. 2014. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Kemendikbud, 2015. Supervisi manajerial dan Supervisi Akademik, Jakarta: PPTK-BPSDMP&PMP Kemendikbud.

Permendiknas no. 39 tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru Dan Pengawas Satuan Pendidikan

Permendiknas Nomor 6 tahun 2018 tantang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, 2001, Organizational Behavior. New Jersey: Prentice Hall International, Inc

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Spencer & Spencer. 1993, Competence At Work, New York: John Willey & Sons

Sugiono. 1999. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfa. Beta

Suhardan.2010. Supervisi profesional: layanan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era otonomi daerah. Alfabeta,

Sutarsih, C, dan Nurdin, 2011. Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2995 Tentang Guru Dan Dosen

Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung


Article metrics

Abstract views : 4 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id