IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN 5 M DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 GORONTALO

Yusni P Buloto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendekatan scientifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, ketrampilan dan pengetahuan peserta didik. Proses mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi/ mengolah informasi dan terakhir mengkomunikasikan dapat mengembangkan sikap teliti, jujur sopan, serta menghargai pendapat orang lain.. Dengan tujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana strategi implemetasi pendekatan pembelajaran 5 M dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Gorontalo, 2). Indikator apa yang menentukan implemetasi pendekatan pembelajaran 5 M dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Gorontalo. 3). Bagaimana upaya-upaya meningkatkan implemetasi pendekatan pembelajaran 5 M dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Gorontalo Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis hasil minat belajar siswa dalam siklus I kategori baik hanya 40 %, kategori cukup mencapai 60%, selanjutnya pada siklus II untuk kategori sangat baik mencapai 30 %, dan kategori baik adalah 60 %, dan untuk kategori cukup tinggal 10 %. Analisis hasil keterampilan guru siklus I kategori cukup 80 % dan sangat baik 20 % pada siklus II terjadi perubahan yakni pada kategori sangat baik mencapai 70 %, dan kategori cukup tinggal 30 %. Analisis hasil belajar siswa siklus I yang tuntas hanya 76.47 % meningkat menjadi 91.18 %. Indikator kinerja baik minat belajar siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pendekatan 5 M masing-masing sebesar 85 % telah tercapai. Pendekatan pembelajaran 5 M dapat merangsang minat belajar siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pendekatan Pembelajaran 5 M dapat diterapkan pada pembelajaran IPA.

Keywords


Pendekatan 5 M dan minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abror, Abdul Rachman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Campble, 1989. Riset dalam efektifitas organisasi, Terjemahan Sahat Simamora, Jakarta, Erlangga

Gie. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.

Hardjana. 1994. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Lisnawaty Simanjuntak, dkk. 1993. Metodologi Mengajar Matematika. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Loekmono. 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Materi Diklat Kurikulum 2013

Moch. Uzer Usman 1996. Menjadi Guru Professional Penerbit: PT.Remaja Rosdakarya. Bandung

Permendikbud Nomor : 41 tahun 2007 Tentang. Standar Proses. Untuk Satuan Pendidikan. Dasar Dan Menengah

Permendikbud Nomor 81 A tahun 2013 Tentan Implementasi Kurikulum

Rooijakkers, Ad. 1991. Mengajar dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT Presindo.

Singer, Kurt. 1973. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remadja Rosda Karya

Suharsimi Arikunto.1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Yogyakarta


Article metrics

Abstract views : 25 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




__________________________________________________________________________________________________________

Publisher:

Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id