PENGARUH MODEL FLIPPED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah guru menggunakan model pembelajaran yang tidak variatif dan terkadang kurang mendukung gaya belajar siswa. Berdasarkan hal ini maka guru mencoba alternatif model pembelajaran yang mampu memfasilitasi gaya belajar siswa yaitu Flipped Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Flipped Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boliyohuto. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain Faktorial 2 x 2. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel yang terpilih masing-masing dibelajarkan dengan model Flipped Learning dan model Pembelajaran Langsung. Pengumpulan data menggunakan: (1) tes, dan (2) Angket. Tekhnik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial Anava Dua Jalur dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe. Hasil pengujiannya diperoleh model Flipped Learning lebih cocok dalam membelajarkan konsep limit fungsi dan sejenisnya pada kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual, sementara model pembelajaran langsung memberikan efek yang relatif sama untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun gaya belajar auditori. Akan tetapi dilihat dari hasil belajar yang diperoleh, siswa yang dibelajarkan dengan model Flipped Learning memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini berarti model Flipped Learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa daripada model pembelajaran langsung.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________
Publisher:
Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: pps@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id