DESIGNING SUPPLEMENTARY FORMATIVE TEST FOR READING SKILL BY USING HOT POTATOES AT MAN 1 GORONTALO REGENCY

Salahudin Ali, Moon H. Otoluwa, Sartin Miolo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang tesformatif tambahan untuk keterampilan membaca pada siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan Hot Potatoes. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui target kebutuhan siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Gorontalo dan untuk mengetahui kebutuhan belajar siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas X MAN 1 Kabupaten Gorontalo sebagai subjek pengumpulan data kebutuhan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian in iadalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil analisis kebutuhan dianalisis menggunakan persentase. Desain ujiformatif dengan menggunakan Hot Potatoes divalidasi oleh ahli materi dan media, dan evaluasi penggunaan produk dievaluasi melalui tanggapan guru dan siswa. Tanggapan terhadap penggunaan produk dilakukan olehs eorang guru bahas aInggrisdan 15 siswa kelas sepuluh. Hasil penelitian ini adalah 60% siswa ingin pekerjaan tes membaca menggunakan komputer / laptop. Hasil evaluasi penggunaan produk, guru menyatakan kategori baik dan setuju untuk menggunakan produk dalam pembelajaran bahasaInggris. Respon siswa menyatakan 90,30% positif setuju dengan penggunaan produk ini. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa produk desain ini sangat cocok untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam belajar bahasa Inggris terutama dalam tesformatif untuk keterampilan membaca.


Full Text:

PDF

References


Alderson, Charles J. 2000. Assessing Reading. Cambridge University Press.

Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational Research: An Introduction(7thEdition).NewYork: Longman, Inc.

Branch, R. B. 2010. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: SpringerUS.

Brown, H. D. 2003. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. California: Longman Pearson.

Creswell, J. W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: Pearson Education, Inc.

Hirai Debra L. Cook, et al. 2009. AcademicLanguage/Literacy Strategies forAdolescents How to Manual for Educators. New York and London:Taylor & Francis e-Library.

Schwab, K. 2016. The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Syamsudin & Kurniawati, L. 2016. Using Hot Potatoes Program For Reading Test Instrument in English Teaching Learning Process. IJET. Vol. 5 Issue 2: 242-254.

Winke, P. &MacGregor, D. 2001. Review of Hot Potatoes. Language Learning & Technology, 5, 28-33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.