HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

Asriyani Diyayi, Ali Kaku

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kwandang, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 175 orang, diperoleh sampel sebanyak 44 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan kemandirian belajar dan signifikan dengan hasil belajar matematika SMP Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, (2) terdapat hubungan kecerdasan emosional dan signifikan dengan hasil belajar matematika SMP Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara; (3) terapat hubungan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dan signifikan dengan hasil belajar matematika SMP Negeri 1 Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Nurhayati.2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Makalah Disajikan pada Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru-Guru SMA/SMK/MA se-Propinsi Gorontalo Tanggal 25 Februari 2011.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Corno, L & Randi, J. 1999. Self-Regulated Learning. http//www.personal. psu .edu/users/h/x/hxk223/self.htm. Diakses tanggal 10 November 2018.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Efgivia Mohammad Givi, 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Mahasiswa terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Pendidikan: Universitas Terbuka Jakarta

Harahap, Nasrun. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.

Hidayati Kana and Lisyani Endang, 2009. Improving Instruments of Students’ Self-Regulated Learning. Jurnal: Universitas Terbuka Jakarta

Hudojo, H. 2003. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Marsigit. 2012. Philosophy of Mathematics Education. Diakses dari: https://www.academia.edu/1809148/Philosophy_of_mathematics_Education_by_Marsigitpada tanggal 11 Februari 2018.

Nursobah Asep, 2009. Hubungan antara Kemandirian Belajar, Komunikasi Interpersonal dan Identitas Sosial dengan Hasil Belajar Agama Islam. Jurnal Pendidikan: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Purwanto, Ngalim. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramadhani, Paloloang B., dan Sukayasa, 2016. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 03 Nomor 03 maret 2016. Halaman: 317-324.

Rambe, NAP., Hasanah, U., dan Chairunnisa, N., 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MAN 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan Vol 6. No. 2, hlmn: 90-94. DOI: 10.24114/jpp.v6i2.10145.

Rokayah, Novi., Rizal, Yon. dan Rusman, Tedi. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 1 No. (8) (Online). (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JEE /article/view/ 3343). diakses pada tanggal 2 Juli 2019.

Rusyan, A. Tabrani dkk, 2012. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Shapiro, E. Lawrence. 2003. Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Soedjadi, R.2009. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Suciati Wiwik. 2016. Kiat Sukses melalui Kecerdasan Emosional dan kemandirian Belajar. Bandung : CV.Rasi Terbit

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mangajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudjana.2005. Metoda Statistika.Bandung:PT Tarsito Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suherman Erman, dkk., 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tahar Irzan, 2011. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan: Universitas Terbuka Jakarta

Wolters, C.A., Pintrich, P.R., &Karabenick, S.A. (2003). Assesing Academic Self-Regulated Learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends.

Yusuf, Gama G. 2017. Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi). Volume 4 No 1 Januari 2017, Halaman 8-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Â