EVALUASI KINERJA TUTOR PADA PAKET C DI SKB KABUPATEN GORONTALO

Kartin Bayena, Ikhfan Haris, Arifin Suking

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tutor pada program Paket C di SKB Kabupaten Gorontalo sebagai komponen antecendent.  Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tutor pada program Paket C di SKB Kabupaten Gorontalor  sebagai komponen transaction. Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada program Paket C di SKB Kabupaten Gorontalo sebagai komponen out come. Penelitian ini dilaksanakan di paket C di SKB Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif evaluatif. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh tutor sanggar kegiatan belajar (SKB) Kabupaten Gorontalo mencapai 70% berada dalam kategori cukup. Kesesuaian intens dengan observasi, menunjukan belum adanya kesesuaian antara rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan Permendiknas Nomor 3 Tahun 2008 tentang standar proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab.Gorontalo  mencapai 63% berada dalam kategori cukup. Hasil penelitian menunjukan belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh tutor Sanggar Kegiatan Belajar dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran. Hasil belajar peserta didik  Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kab.Gorontalo  yang dicapai sebesar 71% dengan kategori cukup. Hal ini menunjukan hasil belajar peserta didik yang dicapai belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 75.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar evaluasi pendidikan Edisi 2. Jakarta :Bumi Aksara

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donelly, J.H., & Konopaske, R. (2010). Organizations behavior, structure, processes. Boston: McGraw Hill Irwin.

Hasan, S. Hamid. 2008. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja rosda karya.

Hasibuan, M. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendiknas.2012. Pedoman Pelaksanaan Kinerja guru. Jakarta: Kemendiknas.

Masaong, A.K. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru (Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru). Bandung: Alfabeta.

Lukum, Astin. 2013. Evaluasi Pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Bone Bolango. Laporan Penelitian. Gorontalo: UNG.

Menpan & RB. 2010. Surat Keputusan Menpan & RB No 21 tentang Jabatan Funsional Pengawas dan Angka Kreditnya. Jakarta : Menpan & RB

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Rismawaty dan Mattalata. 2018. Evaluasi Kinerja. Jakarta; Media Perkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.