PENINGKATAN PERILAKU BERAGAMA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN

SUMA K SALEH

Abstract


Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan hal penting dan wajib dilakukan pada persyarikatan Muhammadiyah. Mulai dari tingkat Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah sampai pada tingkat Perguruan Tinggi. Salah satu adal SMA Muhammadiyah Luwuk yang dalam penelitian ini dijadikan sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptik analitik dengan pendekatan kualitatif. peneliti menerapkan teknik pengamatan dan wawancara. Dalam penelitian terhadap populasi maupun sampel menggunakan konsep snow ball sampling sehingga jumlah sampel tidak di batasi. Teknik tersebut digunakan dengan harapan saling melengkapi untuk memperoleh data yang diperlukan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa keberhasilan dari peran pendidikan Al- Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan perilaku keberagamaan siswa adalah pertama  adanya sisitem pendidikan yang uswah hasanah, sehingga siswa dapat berinteraksi antara siswa-siswa, siswa-guru. Kedua sarana dan prasarana termasuk didalamnya masjid dan sarana pendukung lainnya terpenuhi. Ketiga adalah sistem Teknologi Informasi yang dapat menambah informasi siswa. Keempat adalah guru yang memenuhi kualifikasi pendidikan yang memenuhi syarat serta memiliki latar belakang profesi pengajar atau keguruan, ditunjang dengan kondisi lingkungan yang nyaman, tanpa ada ketegangan mental dan moral siswa.

Keywords


Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Perilaku Siswa, Keberagamaan

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Dikdasmen. 2017. “Petunjuk Teknis (JUKNIS) Implementasi Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (ISMUBA) Pada Sekolah/Madrasah Muhammadiyah.” Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah: 11.

Fitri, agus zaenul, and Nik Haryanti. 2020. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif Dan Reasarch and Development.” Madani media: 115.

Islam, A L, D A N Kemuhammadiyahan, and D I Sekolah Muhammadiyah. “Optimalisasi Pendidikan Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) Di Sekolah Muhammadiyah 1,2.” : 116–22.

Muhammadiyah, Pimpinan Pusat. 2010. “Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhamadiyah.” Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah (September): 128.

UUD RI No. 20. 2003. “Presiden Republik Indonesia.” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (1): 1–5.

Wakit, Saipul. 2016. “Peran Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagaman Siswa SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji Jember.” Jurnal Penelitian IPTEKS 1(1): 36–53.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v1i2.1172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com