Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pengelolaan Pendidikan Di SMA Negeri I Randangan

Ketut Suardika, Siti Roskina Mas, Nina Lamatenggo

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang: (1) nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler dan (2) metode internalisasi nilai-nilai multikultural di SMA Negeri I Randangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang terdiri dari kepala sekolah, wakasek, guru, dan pegawai TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi berpartisipasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai multikultur yang dikembangkan meliputi: (a) nilai saling menghargai, (b) nilai demokrasi, (c) nilai toleransi, (d) nilai keharmonisan dan (e) nilai keadilan dan kesetaraan. Pada pengelolaan pendidikan yang menginternalisasi nilia-nilai multikultur dilakukan dengan beberapa metode, yakni internalisasi melalui: (i) visi dan misi sekolah, (ii) mata pelajaran, (iii) kegiatan ekstrakurikuler, (iv) penataan lay out kelas dan pemberian tugas, dan (v) kegiatan perayaan hari besar keagamaan dan nasional.

Keywords


Pengelolaan Pendidikan, Nilai Multikultural, Budaya Sekolah, Implikasi Nilai Multikultural

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A. 2005. Pendidikan Agama Era Multikultral Multireligius. Jakarta: PSAP.

Arofah, I. N. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Teknik Probing untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa. UNPAS.

Aziizu, B. Y. A. 2015. Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Dalam Prosiding KS: Riset & PKM, pp. 295–300.

Bogdan, R. C. dan Biklen, K. S. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston London: Allyn and Bacon.

Dawam, A. 2003. Emoh Sekolah “Menolak Komersialisasi Pendidikan dan Kanibalisme Intelektual Menuju Pendidikan Multikultural“. Yogyakarta: Inspeal Press.

Furkan, N. 2012. Implementasi dan Pengembangan Pendidikan Mult ikultural di Sekolah “Al-Furqan”. Jurnal : Studi Pendidikan Islam, 1(1).

Gollnick, D. M. dan Chinn, P. C. 2006. Multicultural Education in a Pluralistic Society. Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Hadi, S. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Kalidjernih, F. K. 2010. Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara.

Kamalia, S. 2016. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multicultural Pada Masyarakat Pedesaan Melalui Majelis Dzikir Wa Ta’lim “Ya Rosul” Di Desa Tambakrejo Sumbermanjing Wetan Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Kasinyo, H. 2012. Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Jakarta: Grafindo.

Lestariningsih, W.A., Jayusman, dan Purnomo, A. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2): 123-131.

Mahfud, C. 2010. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahfud, C. 2014. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mashuri. 2016. Filafat Manusia: Manusia Memahami Melalui Filsafat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, J. L. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujib, A. dan Mudzakkir, Y. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Naim, N. dan Sauqi, A. 2010. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rufaida, H. 2017. Menumbuhkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilainilai Multikultural Dalam Pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1): 14-24.

Satria, A. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sd Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Tesis. Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Purwokerto.

Scott, M. C. 2007. Effective Public Realtions, Edisi IX, cetakan ke-2. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulalah. 2011. Pendidikan Multikultural. Malang: UIN Maliki Press.

Susanto, E. 2011. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Multikultural Di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMAN 1 Pamekasan. Nuansa, 8(2): 169-182.

Usman, M., dan Widyanto, A. 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1): 36-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.257-268.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id